facebook

5 Cara Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Berdamai dengan Kegagalan, Salah Satunya Memaafkan Diri Sendiri

Joni Herwanto
5 Cara Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Berdamai dengan Kegagalan, Salah Satunya Memaafkan Diri Sendiri
Ilustrasi wanita senyum. (pexels/AndreaPiacquadio).

Setiap orang memang memiliki cara berbeda dalam merespons kegagalan, ada yang memberikan respon positif namun tidak jarang juga ada yang menyikapinya dengan respon negatif. Saat merasa gagal, kamu mungkin dengan mudah merasa bahwa hidup kamu tidak berguna dan menyalahkan diri sendiri, inilah yang disebut sebagai respon negatif.

Namun, tidak perlu khawatir karena berikut ini ada lima cara menerima kegagalan, agar menjadi orang yang lebih bersemangat.

1. Ambil Positifnya

Meskipun ini terdengar klise, tetapi percayalah bahwa ada hal yang baik di balik sesuatu yang buruk. Mungkin kali ini kamu gagal, tetapi dengan kegagalan itu kamu bisa belajar lebih banyak, menjadi orang yang lebih semangat dan jauh lebih kuat dari sebelumnya.

2. Berilah Penghargaan pada Diri Sendiri

Mau kamu gagal atau berhasil, kamu sama-sama berjuang dan berusaha untuk itu. Oleh karena itu, jangan remehkan diri kamu sendiri karena kamu adalah orang yang luar biasa dan mau menjalani proses. Hargai diri kamu sendiri agar kamu tetap bersemangat dan tidak pernah menyerah.

3. Memaafkan Diri Sendiri

Jangan suka untuk menyalahkan diri sendiri karena satu kegagalan yang kamu alami. Ini bukan salah langkah kesalahan dan kamu bisa memaksimalkan usaha kamu dilain kesempatan. Jangan lupa untuk memaafkan diri sendiri dan berilah waktu luang untuk diri kamu agar bisa berdamai dengan semuanya.

4. Lepaskan Emosi Negatif

Ketika kamu mengalami kegagalan, jangan pernah menyembunyikan apa yang kamu rasakan agar terlihat baik-baik saja. Lepaskan emosi negatif yang kamu rasakan, seperti rasa kesal atau marah. Kamu dapat bercerita dengan orang lain, berteriak di tempat yang lapang atau menangis.

5. Kamu Tidak Sendiri

Jika kamu merasa gagal, ingatlah bahwa semua orang pernah mengalaminya. Jangan pernah merasa bahwa kamu adalah orang yang satu-satunya merasa hal ini karena itu hanya akan membuat kamu semakin terpuruk. Tidak ada orang yang sukses dalam satu hari, jadi gagal itu hal yang wajar. Dan kalau orang lain dapat bangkit setelah gagal, artinya kamu juga harus bisa.

Bangkit dari kegagalan memang bukan hal yang mudah, tetapi jika kamu terus menyalahkan diri sendiri, itu hanya akan membuat kamu semakin terpuruk. Selalu ada hal baik yang bisa kamu ambil dari kegagalan dan ingat kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Nah, itulah lima cara berdamai dengan kegagalan yang bisa kamu terapkan, agar bisa memaafkan diri sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak