facebook

5 Hal Ini Menandakan Kamu Menderita karena Cinta, Pernah Mengalaminya?

Xandra Junia Indriasti
5 Hal Ini Menandakan Kamu Menderita karena Cinta, Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi Menderita karena Cinta. (freepik)

Cinta seharusnya membuat seseorang yang merasakannya menjadi lebih bahagia. Meski begitu, dalam setiap hubungan asmara bahkan segala hal dalam kehidupan ini, rasanya tidak bisa terhindar dari masalah. Namun, ada juga beberapa faktor dalam permasalahan hubungan asmara yang membuat seseorang menderita. Misal, mengalami penderitaan cinta yang ditandai oleh 5 hal di bawah ini.

1. Terlalu Memaksakan Diri untuk Menjaga Hubungan

Menjaga hubungan asmara memang diperlukan, namun saat terlalu dipaksakan dapat membuatmu menderita. Pasalnya, kamu dan pasangan terlalu cemas pondasinya akan runtuh jika tidak berusaha sekeras itu.

Kamu berdua harus selalu bersama, memberi kabar 24 jam, memiliki pendapat yang sama, dan masih banyak lagi. Situasi seperti ini nyatanya dapat menjadikanmu merasa tertekan serta sulit merasakan kebahagiaan karena seolah terkekang.

2. Menyalahkan Diri Sendiri di Tiap Masalah

Saat sering menyalahkan diri sendiri untuk setiap masalah hubungan, menandakan bahwa kamu menderita karena cinta. Kamu rela tertekan atas kesalahan yang tidak dilakukan, demi kepuasan dan kesenangan pasangan.

Jika terus-terusan mengalah, pasangan akan semakin seenaknya untuk melakukan sesuatu. Ia bahkan tidak mempermasalahkan beragam hal negatif sekali pun, karena ada kamu yang siap disalahkan.

3. Membiarkan Diri Selalu Disakiti Pasangan

Kamu bisa disebut menderita karena cinta jika membiarkan diri selalu disakiti oleh pasangan. Misal, tetap mempertahankan hubungan meski sudah diselingkuhi, dilecehkan, dihujat secara verbal hingga mengalami kekerasan fisik.

Kamu beranggapan bahwa pasangan sebenarnya orang baik dan sedang ada masalah pribadi, sehingga butuh pelampiasan. Ingat, jika memang tengah dihadapkan dengan kesulitan serta benar-benar mencintaimu, ia tidak akan menyakiti karena bisa mengontrol emosinya.

4. Enggan Move On meski Tahu Tidak Dapat Memilikinya

Dikarenakan terlalu cinta, kamu tetap konsisten berharap meski sudah tahu tidak dapat memilikinya. Ketika gebetan tengah berhubungan dengan orang lain, kamu terus menunggu dan merasa yakin bisa mendapatkannya.

Bukan setia, hal tersebut membuatmu terlihat bodoh karena rela menderita untuk menanti sesuatu yang tidak pasti. Maka dari itu, guna melepas perasaan sakit hati, usahakan segera move on atau mundur dari gebetan yang memang sulit dimiliki.

5. Tidak Pernah Merawat Hubungan

Makna dari poin terakhir ini adalah membiarkan hubungan asmara bersama pasangan menjadi tidak terurus. Di dalamnya sudah tak ada komunikasi, bertemu, bahkan enggan saling peduli. 

Situasi tersebut nyatanya dapat membuatmu menderita karena seolah menjalani kisah cinta yang hampa. Jika sudah tidak ada lagi minat untuk melanjutkannya, lebih baik diakhiri ketimbang menjaga hubungan yang tampak sia-sia.

Itulah lima hal yang membuat kamu menderita karena cinta. Untuk itu, segera hentikan agar tidak terus-terusan merasa sakit hati karena dirimu sendiri juga perlu dipekirkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak