facebook

6 Etika Bertamu Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Rumah Orang Lain

Dea Nabila Putri
6 Etika Bertamu Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Berkunjung ke Rumah Orang Lain
Ilustrasi bertamu ke rumah orang lain. (unsplash.com)

Ketika kita menjalani hubungan baik kepada seseorang, biasanya mereka juga akan berbuat baik kepada kita. Salah satunya adalah mengundang kita untuk bertamu ke rumah mereka. Untuk menyambut tamu, biasanya orang-orang akan mulai membereskan rumah dan menyiapkan kudapan untuk menjamu tamu tersebut.

Hal tersebut biasa dilakukan oleh masyarakat dunia, bahkan ada beberapa tradisi seperti menyiapkan makanan tradisional atau mengadakan upacara kecil untuk menyambut tamu. Sebagai tamu, kita hendaknya memiliki etika bertamu yang baik dan benar agar relasi yang dijalani tidak terganggu dengan perlakuan kita terhadap tuan rumah.

Lalu, bagaimana cara bertamu dengan etika dan tata krama? Berikut 6 di antaranya.

1. Membawa sesuatu sebagai hadiah

Walau mungkin kita mengetahui ada jamuan khusus di rumah tuan rumah, tapi cobalah membawakan hadiah untuk tuan rumah, sebagai apresiasi kita terhadap mereka yang sudah bersusah payah mengundang ke tempat tinggal mereka. Tidak ada anjuran khusus bentuk hadiah, cukup dengan membawakan mereka makanan ringan atau perabotan kecil rumah juga sudah menjadi penghormatan kepada mereka dan mereka akan merasa tersanjung.

2. Puji tuan rumah 

Jika kamu melihat hal yang baik di tempat tinggal mereka, cobalah untuk memuji hal-hal di sekitarnya. Contohnya, jika tuan rumah memiliki taman depan rumah yang bagus, cobalah untuk memberikan compliment dengan memuji penataan tanaman atau bunga-bunga yang bermekaran.

Begitu juga dengan tatanan interior rumah, berikan pujian terhadap kerja keras mereka menata rumah sedemikian rupa sehingga indah untuk dilihat. Etika bertamu ini juga salah satu bentuk menghargai seseorang yang mengundangmu ke rumahnya, terlebih untuk pertama kali.

3. Beri batasan waktu untuk berkunjung

Walau mungkin tuan rumah tidak memberikan batasan waktu untuk berkunjung, ada baiknya untuk kita memperhitungkan waktu berkunjung. Jika topik pembicaraan sudah selesai atau tujuan awal kita sudah tercapai, mintalah izin kepada mereka untuk pulang. Tuan rumah mungkin akan menahanmu untuk pulang, tetapi berikan alasan yang logis agar kamu tidak terlalu lama menghabiskan waktu di tempat tinggal mereka.

4. Matikan ponsel

Tuan rumah akan sangat merasa dihargai bila kita mengajaknya untuk bersantai dan mengobrol ringan dibanding melihatmu sibuk dengan ponselmu. Cobalah mencari topik-tipik ringan dan tidak menyinggung tuan rumah sehingga memberikan kesan yang baik kepada mereka.

5. Bantu tuan rumah untuk membersihkan rumah

Makanan dan minuman yang disajikan oleh tuan rumah mungkin terasa nikmat, namun jangan lupa untuk membereskan piring atau gelas yang sudah kamu pakai. Tidak harus mencuci peralatan makan yang sudah kamu pakai, cukup dengan menyingkirkan dari meja makan dan menaruhnya di wastafel bisa sangat membantu tuan rumah dalam membersihkan sisa peralatan yang sudah dipakai.

6. Ucapkan terima kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah yang telah mengundang dan menerima kehadiran kita di tempat tinggal mereka. Jika perlu, ajak mereka untuk berkunjung juga ke rumahmu di lain waktu. Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai sebagai tuan rumah dan diundang sebagai tamu. 

Demikianlah enam etika yang bisa kamu terapkan saat berkunjung ke rumah orang lain. Hal tersebut mungkin sepele, namun banyak dilupakan oleh banyak orang. Selain menjalin silaturahmi, bertamu juga bisa membukakan pintu rezekimu di lain hari. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak