facebook

Harus Mulai sejak Dini, 6 Investasi Diri Ini Wajib Kamu Miliki!

Dea Nabila Putri
Harus Mulai sejak Dini, 6 Investasi Diri Ini Wajib Kamu Miliki!
Ilustrasi investasi diri sejak dini.[Unsplash.com]

Investasi terbaik adalah investasi yang dimulai dari diri sendiri. Begitulah pepatah yang sering kita dengar. Pada dasarnya, investasi adalah hal yang kita tanam dan pupuk sejak dini agar nantinya bisa menjadi hal yang besar dan dapat mempengaruhi hidup kita ke depannya.

Investasi yang sering digunakan biasanya berbentuk instrumen keuangan, padahal secara harfiah, investasi memiliki makna yang lebih dari sekadar bidang keuangan. Untuk itu, banyak bentuk investasi yang bisa kita mulai dari diri sendiri. Maka dari itu, mari kita simak jenis-jenis investasi yang bisa kita mulai sejak dini berikut.

1. Buku

Menjadikan literasi sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari adalah contoh investasi yang tidak memerlukan banyak biaya. Membaca buku atau mendengarkan ilmu melalui podcast dan media lain juga sangat dibutuhkan sebagai stimulasi otak dalam jangka panjang. Buku yang bisa kita baca tidak harus buku pengetahuan, buku buku fiksi juga bisa kita baca untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan ide.

2. Relasi

Banyak orang orang yang berkata bahwa kita tidak perlu banyak teman. Namun nyatanya, teman bukan hanya sekadar orang yang menemani kita, namun juga bisa sebagai sumber rezeki. Banyak pengusaha sukses yang memulai kariernya dari relasi pertemanan. Tak hanya itu, relasi yang kita jalin juga membuat kita lebih memahami orang lain secara personal dan melatih emosional kita dalam menghadapi orang lain.

3. Kesehatan fisik dan mental

Aktivitas fisik yang ringan seperti membiasakan diri berjalan kaki bisa menjadi investasi besar di masa depan. Hal ini selain baik untuk kesehatan fisik, juga baik untuk kesehatan mental karena menyadur dari www.thehealthy.com, berjalan kaki bisa meningkatkan endorfin yang baik untuk kejiwaan.

4. Penghasilan tambahan

Saat masih muda, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan yang kamu dapatkan bisa kamu alokasikan ke beberapa pos keuangan, seperti dana darurat, dana pensiun, atau investasi instrumen keuangan. Tidak perlu menargetkan nominal yang besar, sekecil apapun nominal yang kamu dapatkan namun kamu lakukan secara konsisten akan berdampak baik kedepannya.

5. Skill 

Siapa bilang kemampuan yang kita miliki sekarang sudah cukup? Ilmu dan kemampuan yang kita miliki harus selalu kita tingkatkan untuk meningkatkan taraf hidup. Mulailah untuk mengikuti kursus atau melakukan sertifikasi sesuai bidang keahlianmu. Kemampuan yang dimiliki dan didukung dengan sertifikasi akan meningkatkan performamu di dunia pekerjaan.

6. Pengalaman

Pepatah berkata, guru yang paling baik adalah pengalaman. Jika ada orang yang mengajakmu mengerjakan suatu proyek, yakinilah mereka dengan kemampuanmu dan cobalah untuk bergabung dalam proyek tersebut. Lakukan job desk sebaik-baiknya karena hal tersebut akan memberikanmu kesempatan yang lebih baik kedepannya.

Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan investasi diri? Tidak sulit, hanya perlu keberanian dan tekad serta niat yang tulus agar kamu bisa mencapai semua keinginan di masa depan. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas apa yang sudah kamu dapatkan sekarang ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak