facebook

Jangan Malu, Ini 4 Tips agar Tidak Insecure dengan Pasangan!

Dea Nabila Putri
Jangan Malu, Ini 4 Tips agar Tidak Insecure dengan Pasangan!
Ilustrasi tidak insecure dengan pasangan.[Unsplash.com]

Memiliki pasangan yang sempurna adalah mimpi setiap orang. Bukan hanya itu, pasangan yang bisa menerima kekurangan dan kelebihan kita adalah anugerah yang patut kita syukuri. Walaupun begitu, banyak orang yang malah merasa insecure atau perasaan takut untuk melakukan sesuatu karena adanya faktor internal maupun eksternal.

Salah satunya yaitu menyadari bahwa pasangan yang dimiliki memiliki banyak kelebihan yang tidak kamu miliki. Tentu saja, hal tersebut bisa diatasi dengan hal-hal di bawah ini. Lalu, bagaimana caranya agar kita tidak merasa insecure dengan pasangan? Simak ke 4 nya!

1. Cari tahu penyebabnya

Kita harus mengetahui penyebab munculnya insecure dalam dirimu. Apakah hal tersebut muncul dari pasanganmu atau dari instingmu sendiri. Jika kamu merasa insecure karena tuntutan dari pasanganmu, cobalah untuk berkomunikasi dengannya mengenai insecurity yang kamu alami. Yakinkan kepada dirinya bahwa kamu akan berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun jika hal tersebut muncul dari dirimu sendiri, mulai untuk pahami apa yang sebenarnya kamu inginkan dan cara mewujudkannya.

2. Fokus terhadap kelebihanmu 

Kamu memiliki bakat dalam melukis? Atau senang untuk berbicara di publik? Kelebihanmu itu bisa menjadi titik fokusmu dalam mengembangkan diri. Cari tahu tentang kesempatan mengembangkan minat dan bakatmu. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus ke kelebihanmu dibandingkan kekuranganmu.

3. Introspeksi diri

Introspeksi diri tidak harus dengan cara menyalahkan diri sendiri. Kamu pasti menyadari apa kekurangan yang kamu miliki namun tidak ada salahnya untuk bertekad mengubah dirimu menjadi versi yang lebih baik dengan menonjolkan kelebihanmu dan berusaha menjadi pribadi yang baik untuk seterusnya.

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Insecurity biasanya muncul karena ada faktor eksternal yang terjadi, seperti orang lain yang kamu jadikan panutan. Kamu mungkin akan berusaha sekuat tenaga untuk mengubah dirimu menjadi orang yang kamu inginkan, namun hal tersebut justru membuat insecuritymu semakin kuat karena tidak akan ada habisnya jika kamu terus-terusan membandingkan dirimu dengan orang lain. Asumsi yang muncul dari dirimu sendiri akan membuatmu merasa tertekan dan malah terpaksa dalam melakukannya. Ketahuilah bahwa apa yang kamu miliki sekarang adalah hal yang patut kamu banggakan dan perlu untuk kamu pahami. Menjadi diri sendiri akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuanmu menghadapi apapun yang akan terjadi di kemudian hari.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi rasa insecure yang kamu alami dan bisa fokus dalam membangun dirimu menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya. Menghargai setiap proses dan percaya terhadap kemampuanmu adalah hal yang bisa kamu lakukan dalam mencapai apa yang kamu inginkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak