facebook

5 Cara Mengajarkan Anak untuk Hidup Bersih Sedari Dini, Bisa Membuatnya Lebih Disiplin

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Mengajarkan Anak untuk Hidup Bersih Sedari Dini, Bisa Membuatnya Lebih Disiplin
Ilustrasi mengajarkan anak cuci tangan. (Pexels/KetutSubiyanto)

Kebersihan sangat penting agar hidup berjalan dengan sehat. Kebersihan harus diajarkan dan dibiasakan sedini mungkin agar menjadi kebiasaan dan dibawa sepanjang anak tersebut bertumbuh. 

Anak yang terbiasa diajarkan kebersihan akan menularkan kebersihan tersebut pula untuk teman dan lingkungannya. Sebab kalau bukan dari diri sendiri, akan sulit sekali menemukan kewajiban untuk berperilaku bersih dan sehat. 

Lantas, bagaimana cara mengajarkan anak tentang kebersihan sedari dini? Berikut lima cara untuk mengajarkan anak untuk hidup bersih.

1. Kebersihan badan

Kebersihan badan bisa diajarkan dengan membiasakan mandi rutin dua kali sehari, pagi dan sore. Menginjak anak tumbuh besar biasanya akan mulai merasa malas mandi. Nah, disitulah peran kita sebagai orang tua harus tegas dan mengharuskan anak untuk mandi dan menjaga kebersihan, bukan malah ikut terbawa arus kemalasan anak. 

Selain menjaga kebersihan dan hidup sehat, mandi dua kali sehari juga mengajarkan kedisiplinan untuk anak. Apa pun yang sedang ia lakukan, yang sedang ia senangi, waktunya mandi ia harus mandi.

2. Kebersihan tangan

Kebersihan tangan dimulai dari mengajarkan anak untuk mencuci tangan setelah bermain di luar rumah sedari mereka dini. Misalnya setelah bermain tepung, saat tangannya lengket dan kotor, serta yang lainnya. Kita harus bisa membuat anak paham bahwa kuman yang menempel di telapak tangan bisa merambah ke badan dan menimbulkan macam-macam penyakit

Selain mencuci tangan, kebersihan tangan juga harus diajarkan dengan memotong kuku dengan teratur. Kuku yang panjang bisa melukai dirinya sendiri dan orang lain, selain itu juga bisa menumbuhkan kuman di kuku yang panjang tersebut.

3. Kebersihan gigi

Kebersihan gigi dilakukan dengan mengajarkan anak menggosok gigi dua kali sehari, pagi dan malam sedari dini. Biasakan anak untuk memakai pasta gigi ber-flouride untuk menjaga giginya tetap bersih dan sehat. 

Kebersihan gigi yang kurang terjaga dengan baik, bisa menyebabkan gigi gerigis, gigi berlubang, dan sakit gigi lainnya. Kasihan ketika anak harus merasakan giginya sakit di usianya yang masih kecil. Kita saja yang sudah dewasa akan uring-uringan ketika giginya sakit. 

Selain itu, menjaga kebersihan gigi juga bisa dilakukan dengan memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin. Hal tersebut bisa mencegah kerusakan gigi dengan mencari sumber masalah beserta solusinya. Dengan rutin memeriksakan gigi juga bisa menjaga gigi agar tumbuh dengan baik.

4. Kebersihan pakaian

Menjaga kebersihan pakaian juga harus dibiasakan pada anak sedari dini, dengan cara mengganti baju anak ketika terkena benda kotor. Anak harus diajarkan bahwa jika bajunya kotor, harus segera ganti baju yang bersih. Biasakan anak untuk selalu mengganti baju setelah mandi. 

Kalau anak sudah mulai bersekolah, kita juga harus membuatnya paham bahwa pakaian yang kotor harus dibersihkan agar ketika dipakai kembali sudah bersih. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengajak anak mencuci bersama. Lebih tepatnya anak bermain air lalu kita mencuci baju. Secara tidak langsung anak akan memperhatikan bagaimana cara kita membersihkan pakaian, dan ia akan merasa penasaran. 

5. Kebersihan tempat tinggal

Kebersihan tempat tinggal sebenarnya bisa dipelajari oleh anak secara mandiri dengan memperhatikan kita mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dengan melihat kita menyapu rumah, mencuci pakaian, mengepel lantai, membereskan tempat tidur serta pekerjaan rumah tangga lainnya anak akan merekam dalam ingatannya. Bahkan anak seringkali menirukan kita saat sedang bersih-bersih. 

Jangan pernah ragu untuk meminjamkan sapu kepada anak atau membiarkan anak ikut kita bersih-bersih rumah. Selain mendidiknya untuk menjaga kebersihan sedari dini, hal tersebut juga menjadikan anak tidak tumbuh sebagai anak yang pemalas.

Nah, itu dia lima cara mengajarkan kebersihan kepada anak sedari dini yang bisa dicoba oleh orang tua. Selain mengajarkan anak akan kebersihan, lima cara di atas juga mengajarkan mereka untuk disiplin dan bertanggung jawab. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak