facebook

7 Manfaat Bermain untuk Anak, Ayah Bunda Harus Tahu

Annisa Zahrotun Nafiah
7 Manfaat Bermain untuk Anak, Ayah Bunda Harus Tahu
ilustrasi anak bermain (pexels/luna lovegood/annisazn)

Bermain adalah satu hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Anak-anak tidak akan pernah bosan walaupun sudah bermain seharian. Sebagai orang tua, apa yang biasanya kita lakukan jika melihat anak kita seharian bermain? Pasti beberapa orang tua akan menyuruhnya untuk berhenti.

Biasanya orang tua akan lebih suka anaknya belajar daripada bermain. Tapi, tahukah parents, bahwa bermain juga memiliki banyak manfaat untuk anak, loh. Yuk, simak apa saja manfaat bermain untuk anak.

1. Membantu pertumbuhan fisik dan melatih keterampilan motorik

Ketika bermain, anak akan menggunakan seluruh anggota tubuhnya. Dengan itu, otot-otot mereka akan lebih berkembang. Selain itu, gerakan-gerakan dalam permainan juga bisa merangsang pertumbuhan motorik anak, sehingga anak lebih terampil.

2. Membantu mengendalikan emosi

Anak-anak juga sama seperti orang dewasa. Dia memiliki emosi yang harus dikeluarkan. Bermain bisa menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan energi emosional. Melalui aktivitas bermain, secara tidak langsung anak-anak akan berlatih mengendalikan emosi.

3. Mengembangkan keterampilan berbahasa

Keterampilan bahasa anak akan bertambah jika permainan dilakukan secara berkelompok atau bermain dengan teman-teman. Anak-anak akan belajar bahasa dan kosa kata baru dari beberapa teman yang lain.

Tapi, jangan lupa ayah bunda selalu mengontrol bahasa anak ya. Apalagi jika anak sering bermain di luar. Tidak dipungkiri mereka akan menirukan kata-kata dari orang lain yang kurang baik.

4. Merangsang kreativitas

Dalam bermain, biasanya anak akan menggunakan imajinasinya. Contohnya ketika anak-anak bermain peran. Ini akan merangsang kreativitas anak untuk menciptakan sebuah permainan baru yang menyenangkan.

5. Belajar bersosialisasi

Dengan bermain bersama teman-teman, anak akan belajar bersosialisasi. Bagaimana seharusnya mereka berperilaku di lingkungannya. Anak juga akan menjadi berani dan mandiri.

6. Mengetahui standar moral

Setiap permainan pasti memiliki aturannya sendiri. Melalui aktivitas bermain, anak akan belajar menyesuaikan dirinya dengan aturan-aturan yang berlaku dalam permainan. Jika tidak, dia akan tahu konsekuensinya. Hal ini melatih anak untuk mengikuti sebuah aturan yang berlaku.

7. Mendukung perkembangan kognitif

Melalui bermain, anak akan memperoleh banyak informasi baru dan pengetahuan tentang lingkungannya. Bisa juga ada hal atau benda-benda baru ketika mereka bermain. Hal ini akan membantu perkembangan kognitif anak

Ternyata banyak ya manfaat bermain untuk anak. Tapi, bukan berarti ayah bunda melepas anak untuk bermain seharian ya. Tetap perlu adanya pengawasan dan perlindungan dari orang tua. Jangan lupa sisihkan waktu untuk bermain bersama anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak