facebook

Sebelum Lanjut ke Jenjang Serius, Ini yang Harus Kamu Lakukan saat PDKT

Dea Nabila Putri
Sebelum Lanjut ke Jenjang Serius, Ini yang Harus Kamu Lakukan saat PDKT
Ilustrasi hubungan yang serius.(Unsplash.com)

Pasangan hidup adalah orang yang menemani kita dari awal perkenalan hingga masa yang akan datang. Banyak orang yang berlomba-lomba meningkatkan nilai kehidupan demi mendapatkan pasangan yang ideal dengan masing-masing individu. Perkenalan awal atau masa pendekatan (PDKT) adalah waktu yang tepat untuk mengenal calon pasangan lebih jauh.

Tidak perlu terburu-buru, semua orang menginginkan pasangan terbaik dalam hidup mereka dan ingin menghabiskan waktu bersama nantinya. Mengapa masa PDKT adalah masa yang penting? Apa yang bisa kita lakukan saat masa PDKT? Simak lima hal yang bisa kamu lakukan saat PDKT.

1. Meyakinkan diri

Saat berkenalan dengan orang yang membuatmu tertarik atau tertarik kepadamu, cobalah untuk meyakinkan diri tentang hubungan apa yang akan dijalin selanjutnya. Banyak orang yang berkenalan di awal namun pada akhirnya hanya menjadi seorang teman karena pada dasarnya semua orang punya keyakinan masing-masing terhadap pilihan mereka.

Jika kamu menganggap orang yang kamu kenali ini adalah orang yang ideal untuk menjadi pasanganmu, bicarakan tentang hal tersebut sejak awal. Namun jika tidak, berilah mereka alasan supaya tidak terjadi kesalahpahaman diantara kalian.

2. Mengenal calon pasangan dari sisi baik dan buruk

Siapa yang tidak ingin memiliki pasangan yang sesuai dengan keinginan kita? Terkadang, kita bukan hanya bisa menerima kelebihan dan kebaikan yang mereka miliki, namun juga keburukan yang mereka miliki. Selama kamu bisa menerima keburukan mereka, hubungan serius akan bisa dilanjutkan tanpa keraguan. Percayalah setiap orang pasti memiliki sisi baik dan buruk, tergantung bagaimana cara kita menanggapi dan memahami mereka.

3. Mencari potensi partner secara mendalam

Potensi calon pasangan juga harus kita ketahui sejak awal atau saat masa PDKT. Hal ini bertujuan agar kalian bisa menemui value hidup masing-masing atau menyatukan cita-cita sejak awal. Pemahaman tentang cita-cita juga perlu disampaikan agar nantinya kalian bisa saling mendukung satu sama lain.

4. Mengetahui kebutuhan, dan nilai kehidupan calon

Selain cita cita, ada hal lain yang perlu dibicarakan dan pertimbangkan, yaitu tentang kebutuhan dan nilai kehidupan. Love language adalah salah satu kebutuhan calon pasangan yang harus diketahui sejak awal agar sama-sama merasa nyaman ke depannya. Nilai-nilai kehidupan seperti prinsip hidup atau cara mereka menghargai orang lain juga perlu digali untuk mengetahui seberapa penting value yang mereka ciptakan untuk kebermanfaatan hidup.

5. Menciptakan kedekatan dan kepercayaan

Kedekatan yang kamu lakukan dengan calon pasangan tidak hanya dilakukan di antara kalian berdua, namun juga orang-orang yang terlibat di kehidupan kalian seperti pertemanan. Lingkup pertemanan juga bisa menentukan sifat dan sikap seseorang. Kepercayaan yang akan diberikan kepada calon pasangan juga harus menjadi komitmen sejak awal sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Tidak perlu terlalu overthinking dengan apa yang terjadi kedepannya, fokus untuk memberikan waktu dan ruang kepada calon pasangan untuk mengenalmu lebih jauh bisa membuatmu lebih mempertimbangkan tentang hubungan selanjutnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak