facebook

4 Alasan Mengapa Kamu Suka Makan Camilan

Sumaiyah Putri
4 Alasan Mengapa Kamu Suka Makan Camilan
Ilustrasi wanita makan camilan.(Pexels/Pavel Danilyuk)

Semua orang pasti suka makan camilan. Kebanyakan orang suka makan camilan di waktu yang luang untuk sekadar beristirahat dari lelahnya pekerjaan dan stres. Nah, apakah kamu tahu mengapa orang-orang bisa ketagihan makan camilan dan akhirnya jadi mengonsumsi makanan camilan secara berlebihan. Kira-kira apa ya penyebabnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Teksturnya Garing dan Renyah

Inilah alasan mengapa kamu suka makan camilan. Karena memang suara makanan yang kamu makan dapat memengaruhi kamu ketika sedang menyantap makanan. Makin garing dan renyah makanan di mulut, akan makin tergoda untuk memakannya.

2. Bosan

Banyak sekali orang yang makan camilan terlalu banyak hanya karena bosan atau tidak ada sesuatu yang menarik untuk dilakukan. Saat kamu bosan akan lebih sering memilih sumber makanan dengan rasa yang enak. Sebagian orang juga membutuhkan jenis makanan manis yang tinggi gula, dengan harapan dapat memberikan energi ekstra sehingga tubuh menjadi lebih bersemangat.

3. Kebiasaan Begadang

Ternyata kebiasaan begadang adalah salah satu alasan mengapa kamu suka makan camilan. Jadi agar tetap terjaga di malam hari, tubuh membutuhkan lebih banyak energi. Saat begadang hingga larut malam, tubuh pada umumnya akan lelah dan lesu. Akibatnya tubuh membutuhkan karbohidrat dan gula agar bisa kembali pulih. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan makan snack. Makin sering kamu begadang hingga larut malam, akan makin sering juga untuk makan.

4. Stres

Banyak orang melampiaskan stres pada makanan. Saat stres, tubuh kamu memproduksi kortisol atau hormon stres. Jika kamu sedang stres, kamu akan melarikan diri untuk banyak makan camilan. Karena snack akan membantu mengurangi stres kamu. Tetapi hanya untuk sementara saja. Hal itu disebabkan kandungan karbohidrat dan gula akan menghasilkan serotonin juga akan cepat turun di saat stres. Akibatnya kamu akan banyak camilan lagi dan lagi.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu suka makan camilan. Namun, dalam mengonsumsi makanan camilan jangan terlalu banyak-banyak ya, karena efeknya tentu tidak baik bagi tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak