facebook

5 Alasan Ini Tidak Bisa Dijadikan untuk Mempertahankan Hubungan

Xandra Junia Indriasti
5 Alasan Ini Tidak Bisa Dijadikan untuk Mempertahankan Hubungan
Ilustrasi Hubungan yang Tidak Bisa Dipertahankan (freepik/xandrajunia)

Saat menjalani hubungan asmara, setiap orang pasti ingin bisa bersama hingga akhir hayat bersama pasangannya. Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mempertahankan kisah cinta jika berdasarkan pada 5 alasan di bawah ini.

1. Takut Menyakitinya

Bukannya mementingkan diri sendiri, kamu justru lebih memikirkan pasangan yang jika hubungannya diakhiri khawatir akan menyakitinya. Maka, kamu lebih memilih bertahan dan rela untuk merasa tertekan.

Jika terus membiarkan kondisi tersebut, kamu bisa mengalami beberapa gangguan kesehatan mental. Mulai dari stres, kecemasan berlebih atau anxiety, hingga depresi.

2. Sudah Terlanjur Nyaman dan Dekat

Banyak orang yang rela menjalani hubungan toxic karena sudah terlanjur nyaman dan dekat dengan pasangan. Mereka mengaku malas untuk memulai kisah dengan orang baru, sehingga memilih bertahan meski terasa kurang nyaman.

3. Meyakini Perubahan Sikap Pasangan

Kamu sudah sering disakiti oleh pasangan, bahkan hingga kesehatan mental dan fisik terganggu. Namun, kamu tetap ingin mempertahankan hubungan karena meyakini bahwa ia bisa berubah menjadi lebih baik.

Menunggu hal yang tergolong tidak pasti nyatanya dapat semakin melukai dirimu sendiri. Untuk itu, jika terus-terusan disakiti, jangan pernah memberikannya kesempatan dan segera akhiri hubungan bersamanya agar kamu bisa tenang.

4. Ketergantungan Finansial

Banyak orang yang menganggap pasangan adalah 'dompet', dimana segala kebutuhan pribadi bisa dibebankan kepadanya. Hal ini seringkali dijadikan alasan untuk mempertahankan hubungan. 

Alasan seperti ini nyatanya dapat membuatmu terlihat ketergantungan atau sulit hidup mandiri. Lama kelamaan, pasangan juga bisa merasa risih dan merasa kurang nyaman. Dengan kata lain, pondasi hubungan justru bukan lagi karena cinta.

5. Tidak Ada yang Sebaik Dirinya

Saat terlalu cinta dengan pasangan, kamu pasti menganggap tidak ada orang yang bisa sebaik dirinya. Padahal, kamu sendiri tahu bahwa populasinya sangat banyak bahkan bisa dibilang tak terhingga.

Namun, hubungan asmara terus dipertahankan meski seringkali kurang merasa nyaman. Di sisi lain, kamu juga takut mengalami kesulitan untuk memperoleh seseorang yang tidak sebaik pasanganmu. 

Itulah kelima poin yang tidak boleh dijadikan alasan untuk mempertahankan hubungan. Jika kondisinya memang sudah sulit dibenahi, maka lebih diakhiri guna menghindari perasaan sakit hati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak