facebook

Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Merasa Cemas

Dea Nabila Putri
Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Merasa Cemas
Ilustrasi saat merasa cemas.(Unsplash.com)

Kita sering sekali merasa cemas jika ada suatu hal yang tidak terduga terjadi. Perasaan cemas yang dirasakan terjadi secara naluriah dan manusiawi untuk dirasakan. Banyak orang yang berusaha menghalau rasa cemas dengan berbagai macam hal, padahal rasa cemas tersebut tidak bisa dihindari dan sangat wajar terjadi. Adrenalin yang berada di dalam tubuh sedang berpacu karena reaksi otak dalam menanggapi sesuatu. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa cemas atau setidaknya mengurangi perasaan itu? Simak ke 5 caranya!

1. Atur pernapasan

Perasaan cemas biasanya disertai dengan rasa deg-degan bahkan kepala yang pusing karena otak tidak mampu membendung respons yang terjadi. Cobalah untuk mengatur pernapasan dengan menarik napas dalam dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Kamu bisa menggunakan pernapasan dada atau diafragma, senyaman yang bisa kamu lakukan. Hal ini bisa mengurangi efek jantung berdebar dalam beberapa saat. Ulangi step ini hingga rasanya berkurang.

2. Validasi emosi

Ketika kamu merasa cemas, kamu akan cenderung lebih gusar dalam melakukan sesuatu. Cobalah untuk duduk, validasi rasa yang kamu rasakan adalah perasaan cemas dikarenakan suatu hal yang baru saja kamu lihat atau kamu dengar. Hal ini akan membuatmu menyadari bahwa perasaan cemas harus dihadapi dengan bersikap tenang agar kegiatan yang akan kamu lakukan tidak larut dalam emosi akibat rasa cemas yang timbul.

3. Gunakan teknik grounding

Pernahkah kamu mendengar teknik grounding? Jika belum pernah, hal ini kurang lebih sama dengan meditasi. Teknik ini digunakan untuk mengatasi pikiran negatif dan depresi dikarenakan rasa cemas yang kamu alami. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk menggunakan teknik ini. Menyandur dari healthline.com,  teknik ini akan membuatmu lebih fokus dalam menghadapi masalah dengan memahami kehendakmu sendiri.

4. Afirmasi diri

Kamu bisa memberikan afirmasi positif kepada dirimu sendiri. Memberikan semangat untuk bisa bangkit dan menghadapi situasi yang diliputi rasa cemas juga akan membuatmu menjadi lebih baik. Cobalah untuk tersenyum sambil menarik napas pelan-pelan sampai perasaan cemas tersebut hilang.

5. Datang ke profesional

Jika kamu merasa perasaan cemas yang kamu alami sudah berlebihan, kamu bisa mendatangi profesional seperti psikolog atau psikiater. Mereka akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi rasa cemas berlebihan yang kamu alami.

Tenang saja,rasa cemas bukan hal yang memalukan, melainkan hal yang sangat wajar terjadi kepada manusia yang memiliki perasaan dan akal sehat. Mengetahui cara mengatasinya adalah hal yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak