facebook

5 Kebiasaan Baik yang Memberi Dampak Positif dalam Kehidupan

Sofina Sehan
5 Kebiasaan Baik yang Memberi Dampak Positif dalam Kehidupan
ilustrasi membantu.[pexels/Andrea Piacquadio]

Sebagai manusia, apapun yang kita biasakan dalam hidup kita akan memberi dampaknya pada kita. Jika yang menjadi kebiasaan kita adalah kebiasaan baik maka akan memberi dampak yang baik pada kita, namun jika buruk maka yang akan kita rasakan adalah dampak yang tidak baik.

Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk membiasakan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan kita agar kita mendapatkan dampak yang positif.  Berikut ini adalah lima kebiasaan baik yang wajib kita coba.

1. Kebiasaan untuk bersikap Jujur

Kejujuran adalah salah satu sikap yang penting untuk di lakukan dalam menjalani kehidupan. Saat ini orang jujur sangat langka untuk di temukan di lingkungan masyarakat, padahal dengan membiasakan diri untuk bersikap jujur kita bisa menjadi lebih bahagia, terhindar dari fitnah, dan kita juga bisa lebih di percaya oleh banyak orang. Tentu saja, dengan kita bisa di percaya banyak orang akan membuat kita lebih mudah dalam menjalankan hidup dan kita juga jadi tidak perlu memikul beban dari sebuah ketidakjujuran.

2. Kebiasaan untuk Mandiri dan Bertanggung Jawab

Kita harus bertanggung jawab pada setiap masalah yang kita perbuat, dan dengan kemandirian kita bisa lebih bertanggung jawab pada diri kita dan hidup kita. Jika kita sudah bisa untuk terus mandiri dan bertanggung jawab atas segala tindakan yang kita buat, kita jadi lebih bisa di andalkan untuk mengatasi setiap permasalahan yang kita punya.

3. Kebiasaan untuk selalu Membayar Hutang

Tidak bisa di pungkiri, kita semua membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Namun, kita tidak bisa terus-menerus bergantung pada orang lain karena ada kalanya kita hidup sendiri dan tidak ada siapapun untuk dimintai pertolongan. Selama ini, orang tua kita berperan besar dalam membantu hidup kita. Kita sudah terlalu banyak berhutang pada orang tua kita, namun tidak ada hal yang bisa kita berikan untuk bisa membayar setiap waktu dan pengorbanan yang orang tua kita telah berikan pada kita. Oleh karena itu, terus berbakti kepada orang tua kita dan selalu membahagiakan orang tua kita menjadi pilihan terbaik kita walaupun bakti kita pun masih belum cukup untuk membalas jasa-jasa orang tua kita. Setidaknya, kita harus selalu berusaha untuk tulus berbakti pada orang tua kita dan terus melakukan yang terbaik untuk keduanya. Intinya kita harus membiasakan diri kita untuk selalu membayar hutang yang kita punya, dan jangan sampai kita terlalu banyak berhutang pada orang lain, jika sudah terlanjur berhutang banyak kita harus membayarnya agar kita bisa tenang dalam menjalani hidup.

4. Kebiasaan untuk menjadi orang yang Bermanfaat 

Akan selalu ada setiap dalam diri kita yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. Usahakanlah, setiap ucapan dan tindakan kita agar bermanfaat untuk orang banyak, jika belum bisa setidaknya kita harus bisa bermanfaat untuk diri kita, orang tua kita, keluarga, dan kerabat-kerabat terdekat kita.

Selain itu, jika kita membiasakan diri kita untuk menjadi orang yang bermanfaat, hal ini akan memberikan kebahagiaan tersendiri pada diri kita.

5. Kebiasaan untuk selalu Memberi kepada sesama

Karena apapun yang kita miliki adalah pemberian dari tuhan, kita pun harus bisa memberi pada orang lain. Memberi tidak harus soal materi karena kita bisa memberi makan orang yang kelaparan, air mineral, pakaian, buku, ilmu pengetahuan dan pertolongan lainnya yang orang lain sedang butuhkan. Dengan begitu, kita telah membantu orang lain keluar dari masalahnya dan kita pun akan merasa bahagia melihat orang lain bahagia dengan apa yang kita berikan.

Selain itu, kebiasaan-kebiasaan baik di atas bisa kita mulai secara bertahap dan kita akan mendapatkan dampak yang positif jika melakukannya.

Jika sanggup marilah kita sama-sama membiasakan kebiasaan baik yang akan memberi dampak positif pada kita. Karena hal ini akan memberikan pengaruh yang baik untuk diri kita, hidup kita, dan orang-orang di sekeliling kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak