facebook

Lakukan 5 Hal Ini agar Hubunganmu Langgeng

Novan Harya Salaka
Lakukan 5 Hal Ini agar Hubunganmu Langgeng
Ilustrasi pasangan sedang makan malam.[Unsplash/Wiktor Karkocha]

Bila kamu mencari cara untuk memperkuat hubunganmu, mengikuti sesi terapi integrasi behavioral untuk pasangan (IBCT) bisa dilakukan. Beberapa pasangan yang terlalu sibuk untuk mengikutinya dapat memilih untuk melakukan teleterapi atau terapi jarak dan membuat janji dengan profesional untuk membicarakan masalah dalam hubungan.

Rubin Khoddam, seorang psikolog klinis untuk area Los Angeles memberikan beberapa panduan yang bisa dilakukan sendiri sebelum menemui terapis. Dirangkum dari Psychology Today, berikut adalah 5 tips untuk memperkuat hubungan:

1. Sampaikan apresiasi

Memahami apa yang membuat pasanganmu merasa paling dihargai adalah langkah awal yang bagus. Seiring waktu, pada titik tertentu, kita mungkin berhenti memberikan apresiasi terhadap suatu hubungan karena apa yang awalnya terasa baru berubah menjadi sebuah rutinitas.Kita berasumsi bahwa pasangan telah mengetahui apa yang kita rasakan terhadap mereka. Akan tetapi, menyadari hal-hal remeh dan menyampaikan penghargaan, bakal membuat orang lain lebih thoughtful.

Hal ini bisa dilakukan dengan rutin membuat daftar hal-hal yang patut disyukuri tentang pasangan pada hari ini. Dengan begitu, orang akan lebih bijaksana dalam berperilaku karena tahu harus ada hal ditulis dalam daftar untuk hari itu.

2. Berlatih mendengarkan secara reflektif

Salah satu cara terbaik untuk memperkuat hubungan adalah mendengarkan secara reflektif. Apa maksudnya? Secara esensial, mendengarkan secara reflektif adalah mendengarkan apapun yang dikatakan pasangan, lalu mengulanginya dengan kata-katamu sendiri. Kamu bisa mulai dengan melakukan refleksi sederhana dengan mengulangi apa yang dikatakan pasangan, menambahkan sedikit parafrasa, atau secara lebih kompleks mencoba mengaitkannya dengan perasaan atau pengalaman sendiri.

Hal ini bermanfaat pada 2 hal. Pertama, mengkonfirmasi apa yang mereka rasakan dan menghindari kebingungan. Jadi, bukannya menunggu kesempatan untuk  bicara, melainkan kita secara aktif berusaha memahami apa yang ingin disampaikan pasangan.

3. Buat jadwal untuk percakapan yang intim

Untuk topik-topik tertentu, percakapan bisa jadi sangat sulit dilakukan seberapa pun hebatnya kita berkomunikasi. Oleh karenanya, menyediakan waktu untuk secara khusus membicarakan isu-isu intim bisa sangat membantu memperkuat kualitas hubungan. Idenya adalah memulai pembicaraan penting dalam kondisi fisik dan mental yang prima.

Tidak perlu menemukan jawaban atau solusi saat itu juga, yang penting adalah memulai pembicaraan dan mempertimbangkan berbagai hal sebelum mengambil keputusan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya.

4. Kurangi waktu menggenggam telepon

Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak sekali waktu dengan ponsel. Kita bahkan mungkin tidak sadar berapa lama yang dihabiskan di depan layar ponsel karena di dalamnya memang terdapat hal-hal yang kita perlukan sehari-hari.

Oleh karena itu, pastikan untuk meluangkan waktu yang khusus untuk kamu dan pasangan dimana tidak ada ponsel, tablet, atau komputer yang dilibatkan. Godaan untuk meraih ponsel tentu sangat kuat, terutama ketika pekerjaan sedang padat atau ketika dalam suatu masalah. Namun bila tujuanmu adalah memperkuat hubungan dengan pasangan, kamu harus merelakan godaan tersebut dan sepenuhnya “hadir” bersama pasangan.

5. Jangan lupa bersenang-senang

Penting dalam sebuah hubungan untuk menghabiskan waktu untuk bersenang-senang. Lakukan sesuatu yang senang kalian lakukan bersama. Mungkin melakukan hobi atau menyantap makanan favorit yang sama dapat menimbulkan kebahagiaan bagi kedua pasangan.

Tidak harus dilakukan dengan merencanakan sesuatu yang besar seperti melakukan trip beberapa hari. Cukup dengan hal-hal kecil yang dapat dilakukan sewaktu-waktu, seperti main bola dengan anak atau bernyanyi lagu favorit bersama.

Itulah lima hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memperkuat kualitas hubungan.

Sumber:

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-addiction-connection/202201/5-couples-therapy-techniques-try-in-your-relationship 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak