facebook

Sering Keteteran? Simak 4 Tips Ini agar Punya Waktu Lebih Banyak

Desy Putrisari
Sering Keteteran? Simak 4 Tips Ini agar Punya Waktu Lebih Banyak
Ilustrasi jam yang menunjukkan waktu ketika bekerja (unsplash.com/@bradneathery)

Bukannya tidak memiliki cukup waktu, hanya saja terkadang kita belum bisa mengatur waktu yang kita miliki dengan baik. Kemampuan membagi dan memanfaatkan waktu untuk pekerjaan perlu kita perhatikan, agar tugas dan kegiatan produktif lainnya dapat terkerjakan dengan maksimal. Kemampuan memanfaatkan waktu yang sangat berharga, tentunya akan memberikan pengaruh terhadap pekerjaan dan kehidupan yang kita jalani.

Misalkan seorang blogger menyisihkan sejumlah waktu tertentu setiap hari guna mengumpulkan ide dan mengembangkannya menjadi sebuah tulisan. Membuat keputusan dan menggunakan waktu yang dia miliki untuk menciptakan tulisan, misalnya antara pukul 06.00 sampai 08.00 dan mendisiplinkan diri untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Contoh yang lain, seperti mendisiplinkan diri membaca buku selama 15 menit setiap hari sebelum tidur. Dengan cara ini, dan seiring berjalannya waktu, kamu akan menyelesaikan banyak buku.

Semua orang memiliki waktu yang sama dalam sehari, yakni 24 jam lamanya. Namun banyak orang pula yang terkadang belum dapat memanfaatkan waktu berharga mereka dengan baik. Ada pula kelompok orang yang memiliki disiplin waktu yang baik, artinya mereka dapat memanfaatkan waktu mereka untuk kegiatan yang produktif sehingga berpengaruh baik terhadap perjalanan hidup mereka.

Lalu bagaimana cara kita untuk belajar memanfaatkan waktu berharga kita dengan baik? Apakah kamu pernah mencoba beberapa cara agar kamu dapat memiliki banyak waktu?

Berikut merupakan tiga tips yang dapat kamu coba.

1. Buat Rencana Pembagian Waktu

Pembagian waktu menjadi kunci keberhasilan kita dalam merencanakan jadwal harian kita. Buatlah pembagian lama pekerjaan yang akan kamu lakukan. Rencanakan kegiatan harian kamu terlebih dahulu dan menyusun jadwal waktu yang tetap untuk setiap kegiatan yang akan kamu lakukan. Buat perjanjian kerja dengan diri sendiri, lalu berusaha disiplin diri untuk memenuhi janji tersebut dan melakukan kegiatan sesuai dengan rencana. Kamu juga bisa menyisihkan waktu 30 atau pun 60 menit disela-sela jadwal kegiatan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan penting lainnya.

2. Gunakan Time Planner

Kamu mungkin sudah kerap mendengar tentang time planner ini. Sebuah time planner, yang dibagi menjadi hari, jam, dan menit, yang harus kamu atur terlebih dahulu ini dapat menjadi salah satu alat penting yang membantu keberhasilan kamu dalam menciptakan produktivitas pribadi yang paling efektif. Time planner ini dapat membantumu mengetahui bagian mana pekerjaan yang dapat digabungkan dan membagi pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi lebih. Buatlah skala prioritas terhadap kegiatan harianmu dan buat daftar pekerjaan berdasarkan tingkat penting atau tidaknya tugas itu untuk segera kamu selesaikan.

3. Fokus pada Pekerjaan atau Tugas

Selama waktu melakukan pekerjaan, matikan telepon, singkirkan segala sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasi, dan bekerjalah tanpa henti. Membiasakan bangun pagi, dapat memberikan keuntungan lebih sebab kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan produktifmu. Bekerja beberapa jam pada pagi hari dapat membuatmu lebih konsentrasi menyelesaikan tugas atau pekerjaan daripada di kantor yang sibuk atau pun ketika kamu berkegiatan di luar.

4. Jadikan Setiap Menit Berharga

Salah satu kunci meraih prestasi dan produktivitas yang tinggi adalah menjadikan setiap menit berharga bagi perjalanan hidup kita. Manfaatkan beberapa menit waktumu untuk merampungkan potongan tugas yang kamu miliki. Menyelesaikan pekerjaan bagian demi bagian merupakah cara yang cerdas untuk memaksimalkan waktu yang kita miliki, sehingga kita dapat mengerjakan beberapa tugas lain kemudian. Ingat, sebuah gedung yang megah, awalnya dibangun dengan menyusun batu bata satu persatu. Kehidupan atau pun karier yang hebat juga dibangun dengan menyelesaikan tugas satu demi satu bahkan dapat pula bagian demi bagian.

Mungkin akan ada kesulitan ketika kamu menerapkan disiplin diri. Namun jika kalian bersungguh-sungguh dan fokus, maka kalian pun bisa menciptakan kehidupan yang hebat milik kalian sendiri. Cobalah memikirkan berbagai cara untuk dapat menghemat, menjadwalkan, dan menggabungkan potongan-potongan waktu yang kalian miliki. Gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas penting yang memiliki pengaruh jangka panjang bagi hidupmu. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak