facebook

5 Kemampuan Emosional yang Perlu Kamu Miliki di Dunia Kerja

Dea Nabila Putri
5 Kemampuan Emosional yang Perlu Kamu Miliki di Dunia Kerja
Ilustrasi bekerja dalam tim.(unsplah.com)

Dunia kerja menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Walaupun begitu, banyak orang yang malah mencintai pekerjaan yang mereka kerjakan. Terkadang, kita harus memahami bahwa di dunia kerja tidak semua orang memiliki kemampuan dan pemikiran yang sama dengan kita. Memilah kata-kata, memahami sifat dan sikap rekan kerja adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi konflik yang terjadi.

Tak jarang, banyak orang yang resign dari pekerjaannya karena menganggap lingkungan kerjanya terlalu mengekang dan toxic. Apapun yang terjadi, cobalah untuk mencari celah baik dari pekerjaan yang kamu lakukan. Ada 5 kemampuan secara emosional yang bisa kamu pakai dalam kehidupan pekerjaan. Simak ke 5 nya!

1. Kuat Mental

Mungkin kamu akan bertemu dengan rekan kerja yang selalu mengkritik kinerjamu atau atasan yang memintamu mengerjakan pekerjaan lebih dari jobdesk. Cobalah untuk memahami karakter mereka dan mempelajari cara menghadapi mereka dengan baik. Mentalmu yang kuat dalam menghadapi setiap cobaan di dunia pekerjaan akan membawamu ke situasi yang lebih baik serta membuatmu lebih tangguh dari sebelum-sebelumnya.

2. Tahan Banting

Dunia pekerjaan memang melelahkan. Apalagi jika pekerjaanmu terus ditambah dan membuatmu kekurangan waktu istirahat. Hal ini sering terjadi kepada pegawai baru dengan alasan memberikan pengajaran tentang pekerjaan umum di kantor. Percayalah bahwa waktu istirahatmu yang berkurang dan kerja kerasmu akan tergantikan dengan performa serta penilaian baik dari atasanmu nantinya.

3. Keikhlasan yang tinggi

Kita sering melihat bahwa banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab di dunia kerja. Contohnya pegawai yang sering terlambat atau terlalu sering mengajukan cuti sehingga pekerjaan mereka menumpuk dan mengharuskan kita mengerjakan pekerjaan mereka. Mau tidak mau, kamu harus mengerjakan hal tersebut dan sebisa mungkin cobalah ikhlas walau terasa berat.

4. Sabar

Lagi-lagi, kesabaran kita akan selalu diuji di dunia pekerjaan. Hal ini karena kita akan selalu berhubungan dengan orang lain yang kita belum terlalu pahami sifat dan sikapnya. Kesabaran yang kamu miliki harus selalu kamu tingkatkan demi menciptakan kedamaian di dalam dirimu sendiri untuk menghadapi mereka dengan sikap tenang.

5. Jiwa pemaaf

Kesalahan minor sering terjadi di dunia kerja. Cobalah untuk memaafkan kesalahan rekan kerjamu dan komunikasikan kepada mereka solusi apa yang bisa kamu tawarkan agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi. 

Bagaimanapun, pekerjaan yang baik adalah ketika kita bisa menjalaninya dengan sepenuh hati walau terkadang situasi tidak memungkinkan. Setiap lelahmu akan menjadi kontribusi terbaik untuk perusahaanmu dan jangan berhenti menjadi orang yang baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak