facebook

5 Tanda Produk Perawatan Tidak Cocok di Kulitmu, Segera Hentikan!

Xandra Junia Indriasti
5 Tanda Produk Perawatan Tidak Cocok di Kulitmu, Segera Hentikan!
Ilustrasi Tidak Cocok Memakai Produk Perawatan Tertentu. (freepik)

Produk perawatan diciptakan untuk melindungi kulit dari berbagai masalah yang seringkali terjadi, seperti jerawat, minyak berlebih, komedo, dan lain-lain. Namun, penggunaannya sendiri bisa menimbulkan semua hal tersebut. Meski memiliki bahan yang aman, tidak semua produk perawatan bisa cocok pada kulitmu. Untuk mengetahuinya ketidakcocokkan tersebut, kamu harus lebih peka pada kulit wajahmu sendiri.

Berikut 5 tanda produk perawatan tidak cocok dikulitmu dan sebaiknya segera kamu hentikan, agar tidak semakin bermasalah pada kulitmu.

1. Tak Kunjung Ada Perubahan

Sudah diketahui bahwa tujuan produk perawatan adalah untuk memperbaiki dan mempercantik kulit. Namun, jika dalam memakainya tak kunjung mengalami perubahan, menandakan penggunaannya tidak cocok di kulitmu. Oleh karena itu, kamu perlu segera menghentikannya.

2. Kulit Kemerahan dan Terasa Perih

Jika muncul kemerahan pada kulit, kamu tidak bisa menyepelekannya. Kondisi ini dapat memicu kerusakan lain dan biasanya disebabkan oleh bahan kandungan yang terlalu keras, sehingga memberikan efek terbakar.

Selain itu, bahan tersebut juga dapat membuat kulitmu mendadak kencang dan terasa perih. Jika terus-terusan mengalami hal ini, segera hentikan pemakaian produk dan coba konsultasikan pada para ahli.

3. Memproduksi Minyak Berlebih dan Menimbulkan Jerawat

Tidak cocoknya sebuah produk perawatan juga ditandai oleh produksi minyak berlebih pada kulit. Meski bukan termasuk berbahaya, namun hal ini dapat memicu timbulnya jerawat.

Biasanya seringkali terjadi pada kamu pemilik kulit cenderung berjerawat. Untuk itu, segera hentikan pemakaian karena bahan kandungannya diketahui mampu membuat kulitmu menjadi tersumbat.

4. Membuat Kulit Mengelupas

Banyak orang yang mengatakan bahwa pengelupasan kulit usai pemakaian produk perawatan merupakan kondisi wajar. Namun sebetulnya, hal ini menandakan bahwa kamu tidak cocok menggunakannya.

Pasalnya, jika kamu terus-terusan membiarkan hal tersebut, kulit akan menjadi semakin menipis. Rasa perih seperti iritasi juga dapat terus menyelimuti termasuk saat menggunakan berbagai produk perawatan atau kosmetik lainnya.

5. Menjadikannya Lebih Sensitif

Tanda ketidakcocokan sebuah produk perawatan yang terakhir adalah meningkatnya sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari atau debu. Perubahan akan cepat terjadi, seperti kemerahan yang dibarengi dengan kemunculan jerawat pada wajah.

Kondisi ini seringkali terjadi pada pemakaian produk perawatan untuk kulit berjerawat yang mengandung bahan aktif. Oleh karena itu, pastikan tetap menggunakan tabir surya agar masalah tersebut bisa diminimalisir dan kulitmu selalu terlindungi.

Itulah 5 tanda produk perawatan yang tidak cocok untuk kulitmu. Untuk itu, segera hentikan pemakaian dan hubungi para ahli jika dampaknya tersebut sudah terlalu parah. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak