facebook

4 Cara Menghentikan Pikiran Negatif, Jangan Sampai Terlena dengan Keadaan

Dea Nabila Putri
4 Cara Menghentikan Pikiran Negatif, Jangan Sampai Terlena dengan Keadaan
Ilustrasi stres.(unsplash.com)

Pikiran negatif dapat menimbulkan masalah di dalam diri seperti kecemasan sosial, depresi, stres, dan rendah diri. Kunci untuk mengubah pikiran negatif kita adalah memahami cara kita berpikir sekarang dan masalah yang diakibatkannya, lalu kemudian gunakan strategi untuk mengubah pikiran ini atau membuatnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kehidupan sehari- hari.

Terapi seringkali dapat membantu untuk mengubah pikiran negatif, tetapi kita juga dapat mempelajari cara mengubah pola pikir kita. Oleh karena itu, 4 cara ini bisa kita lakukan untuk mengubah dan menghentikan pikiran negatif yang sering muncul tiba-tiba.

1. Lakukan relaksasi

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan relaksasi. Banyak macam relaksasi yang bisa kita lakukan, termasuk dengan terapi. Terapi mindfulness bisa kamu lakukan untuk melepaskan diri dari pikiran dan emosi kita. Mempraktikkan mindfulness dapat membantu kita menjadi lebih sadar akan pikiran kita dan membangun kesadaran diri yang lebih besar.

2. Tolak pikiran negatif dengan afirmasi

Afirmasi positif bisa kita berikan kepada diri sendiri ketika pikiran negatif muncul. Penolakan dari diri seperti menyadarkan diri bahwa hal yang sedang kamu pikirkan hanyalah sebuah pemikiran bukan sebuah kenyataan. Hal ini secara tidak langsung memberikan "label" kepada pikiran negatif sehingga kita lebih mudah mengidentifikasi suatu hal yang buruk dan baik dari diri sendiri.

3. Bayangkan situasi yang positif

Kamu tidak perlu risau dengan pikiran negatif yang muncul. Ketika hal tersebut terjadi, kamu hanya perlu membayangkan situasi positif yang terjadi di dalam benakmu. Bayangkan kamu sedang berlibur dengan keluarga, bersenda gurau, serta menikmati desiran pasir di pantai. Hal ini membuat kita lebih menikmati setiap pikiran yang lewat dan menjadikannya sebagai energi positif untuk diwujudkan di lain hari.

4. Buat kebiasaan baru yang baik

Hal yang paling penting adalah mengubah pikiran negatif menjadi sebuah motivasi untuk membuat kebiasaan baru. Jika biasanya pikiran negatif muncul di pagi hari, kamu bisa melakukan kegiatan seperti berolahraga, meditasi, membaca buku, dan kebiasaan lainnya agar kamu bisa mengalihkan pikiran negatif tersebut. 

Bagaimana? Sudah siap untuk mengubah pikiran negatif menjadi sebuah "alarm" pengingat bahwa kamu bisa mengubahnya menjadi suatu hal yang positif? Tidak perlu terburu-buru, semua perubahan butuh waktu dan proses panjang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak