facebook

Bingung Mau Ngapain? Ini 5 Rekomendasi Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Libur Lebaran

Muhammad Fariz Kurniawan
Bingung Mau Ngapain? Ini 5 Rekomendasi Kegiatan yang Bisa Dilakukan saat Libur Lebaran
Ilustrasi Lebaran. (Pexels.com)

Tak terasa Hari Raya Idulfitri alias Lebaran telah datang kembali. Lebaran adalah momen yang begitu membahagiakan. Selain karena adanya ajang silaturahmi, momen Lebaran juga biasanya diiringi dengan libur panjang.

Meskipun demikian, ada saatnya yang namanya libur Lebaran membuat kamu bingung ingin melakukan apa. Terlebih bagi kamu yang tidak terbiasa berdiam diri di dalam rumah. Oleh karena itu, berikut ini ada lima rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan pada saat libur Lebaran berlangsung. 

1. Mengadakan Reuni

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat libur Lebaran tiba adalah reuni. Terlebih jika kamu sedang berada di daerah yang sama dengan teman-teman lama. Jika kamu bingung, ada beberapa konsep reuni yang bisa dicoba. Misalnya saja reuni dengan konsep acara makan bersama di sebuah restoran atau kumpul-kumpul di rumah salah satu teman.

Selain dengan tatap muka secara langsung, kegiatan reuni juga bisa dilakukan secara daring (online). Kegiatan ini bisa dilakukan via WhatsApp atau Zoom. Reuni daring bisa menjadi solusi bagi kamu yang terpisah jauh dengan teman-teman lama.

2. Menyalurkan Hobi

Adakalanya rutinitas sehari-hari-seperti bekerja atau bersekolah-membuat waktu senggang kamu banyak tersita. Dengan demikian, kamu tidak bisa menyalurkan hobi sebagaimana mestinya.

Nah, momentum libur Lebaran bisa menjadi waktu yang tepat untuk menyalurkan hobi yang terpendam. Terlebih pada tahun 2022 ini, di mana libur atau cuti bersama Lebaran yang diberlakukan terasa lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hobimu sebelum kembali kepada rutinitas.

3. Menulis

Bagi kamu yang ingin tetap produktif saat libur Lebaran, menulis adalah rekomendasi kegiatan yang bisa dicoba. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menulis, yakni mengasah otak, merangsang kreativitas, dan sebagainya.

Jika kamu bingung, kamu bisa memulainya dengan menulis seputar pengalaman hidup atau Lebaran. Jika ditekuni, bukan tidak mungkin kegiatan menulis bisa menjadi salah satu sumber penghasilan kamu.

4. Membuat Konten untuk Media Sosial

Bagi kamu yang suka eksis di internet, Lebaran adalah salah satu momen terbaik untuk memperindah tampilan konten di media sosialmu. Ada banyak konten yang bisa kamu buat saat libur Lebaran. Misalnya saja seperti membuat video blogging (vlog) tentang jalan-jalan atau keluarga atau mengunggah foto bersama keluarga atau orang-orang terdekat. 

5. Membereskan Rumah

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan waktu libur Lebaran dengan membereskan rumah. Kegiatan ini cocok dilakukan jika keadaan di luar rumah kurang bersahabat. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan membersihkan rumah, yakni menyehatkan tubuh, membuat tampilan rumah menjadi lebih nyaman dan asri, dan lainnya.

Demikian rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan pada momen libur Lebaran seperti saat ini. Yang terpenting, jangan sampai lupa untuk mengunjungi rumah sanak saudara, tetangga, atau orang-orang terdekat untuk bersilaturahmi. Akhir kata, selamat menikmati libur Lebaran dengan suka cita. Mohon maaf lahir dan batin, teman-teman.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak