facebook

Rekomendasi 4 Kegiatan Asyik saat Sedang Berkumpul

Muhammad Fariz Kurniawan
Rekomendasi 4 Kegiatan Asyik saat Sedang Berkumpul
Ilustrasi Berkumpul (unsplash/Valiant Made)

Manusia sejatinya diciptakan sebagai makhluk sosial. Dalam hal ini, seorang manusia pasti membutuhkan kehadiran manusia-manusia lain untuk menunjang kehidupan atau kegiatannya. Salah satu kegiatan manusia yang terkait dengan kodratnya sebagai makhluk sosial adalah berkumpul.

Di era teknologi seperti sekarang ini, adakalanya kegiatan berkumpul terasa begitu hambar. Bagaimana tidak, kehadiran handphone membuat orang-orang yang ada di dalam perkumpulan saling mendiamkan dan tidak menyapa. Mereka lebih memilih fokus menatap layar handphone masing-masing.

Tentu saja pemandangan di atas dapat merusak makna dari kegiatan berkumpul, yakni saling berinteraksi secara langsung. Agar kegiatan berkumpul tidak terdistraksi oleh handphone masing-masing, berikut ini rekomendasi empat kegiatan yang bisa dilakukan.

1. Mengobrol

Mengobrol adalah satu kegiatan yang semestinya dilakukan saat sedang berkumpul. Agar obrolan dapat mengalir lancar, tentu saja kamu perlu membahas topik yang tepat dan menarik lawan bicara. Jika bingung, kamu bisa memulainya dengan membicarakan kondisi di sekitar lingkungan tempat obrolan. 

Jika tidak benar-benar penting, kamu sebaiknya menghindari topik-topik yang tergolong sensitif di dalam obrolan. Misalnya saja seperti menanyakan gaji, status pernikahan, dan sebagainya. Tentu saja kamu perlu melakukan hal tersebut agar tidak menyinggung perasaan orang lain atau menimbulkan masalah baru. 

2. Makan

Makan adalah rekomendasi kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan saat sedang berkumpul. Dalam hal ini, kamu bisa menyediakan makanan atau minuman bagi tamu yang datang. Jika memungkinkan secara waktu dan keuangan, kamu bisa melakukan kegiatan mengobrol dan juga menyantap makanan di sebuah rumah makan, kafe, atau restoran. 

3. Bermain

Jika kamu memiliki game atau permainan yang seru, tidak ada salahnya jika kamu menawarkannya pada saat sedang berkumpul. Apalagi jika game atau permainan tersebut bisa dimainkan bersama. Melalui sarana tersebut, setidaknya kamu bisa membangun hubungan yang lebih intens dengan orang lain yang ada di dalam perkumpulan. Sekat-sekat kecanggungan yang mungkin muncul saat sedang berkumpul pun bisa dihilangkan.

4. Membuat Konten Media Sosial

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi seperti handphone untuk membuat konten media sosial bersama teman, saudara, atau yang lainnya saat sedang berkumpul. Misalnya saja seperti membuat video TikTok, foto Instagram atau Facebook, dan sebagainya. Dalam hal ini, kamu tidak boleh memaksa mereka untuk melakukannya. Biarkan saja mereka menerima permintaan kamu dengan sukarela.

Semoga saja rekomendasi empat kegiatan di atas bisa menambah keseruan kamu saat sedang berkumpul nanti. Tidak masalah jika kamu punya kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan. Hal tersebut justru semakin baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak