facebook

5 Tips Mengelola Waktu agar Bermanfaat, Jangan Suka Menunda!

Diat Anugrah
5 Tips Mengelola Waktu agar Bermanfaat, Jangan Suka Menunda!
Ilustrasi jam (Pexels.com/cats-coming)

Setiap hari kita memiliki waktu yang terbatas, hanya 24 jam. Waktu tersebut bisa menjadi waktu yang pendek, namun bisa juga menjadi waktu yang panjang. Bisa juga menjadi waktu yang bermanfaat namun bukan tidak mungkin justru menjadi waktu yang terbuang sia-sia begitu saja. Semua tergantung pada bagaimana mana kita memanfaatkan waktu tersebut.

Pada waktu yang terbatas ini, kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Kita tentu tidak ingin waktu yang kita jalani setiap hari terbuang sia-sia. Kita akan menyesal jika menyadari kita sudah menghabiskan waktu yang ada namun tidak menghasilkan apa-apa.

Oleh karena itu, kita harus pintar mengelola waktu dengan baik. Berikut ini adalah 6 tips yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu dengan baik agar mendapat hasil yang optimal.

1. Membuat To Do List

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengelola waktu adalah dengan membuat to do list, yaitu daftar-daftar aktivitas yang harus kita lakukan setiap harinya. 

Dengan membuat to do list, maka waktu kita bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai rencana yang kita buat, sehingga tidak ada aktivitas yang terlupa karena melakukan aktivitas lainnya yang tidak bermanfaat.

Membuat to do list sangatlah mudah. Kita cukup menuliskan apa-apa saja yang harus kita lakukan dari waktu ke waktu. Kita bisa menuliskan di tempat yang mudah kita bawa dan kita baca, kita bisa menulisnya di catatan ponsel kita.

2. Membuat Skala Prioritas

Selain menulis daftar hal-hal yang harus kita lakukan setiap hari, hendaknya kita juga membuat skala prioritas dari berbagai aktivitas yang ada. Kita harus membagi mana yang penting dan mana yang tidak, sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk aktivitas yang tidak penting.

3. Membuat Estimasi Waktu Pengerjaan

Kita juga perlu membuat estimasi atau perkiraan waktu kita menyelesaikan sebuah pekerjaan. Hal ini agar kita bisa disiplin dengan waktu. Apabila kita tidak membuat estimasi waktu tersebut, maka besar kemungkinan kita akan bersantai-santai saja tanpa mengejar target waktu.

4. Hindari Hal-Hal yang Menganggu Konsentrasi

Saat kita melakukan sebuah aktivitas yang penting, hindari hal-hal tidak penting yang bisa menganggu konsentrasi, misalnya ponsel. Hal-hal seperti itu bisa membuat kita melakukan hal-hal lain yang tidak bermanfaat sehingga waktu kita terbuang sia-sia.

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Jangan terbiasa menunda waktu pekerjaan. Apabila bisa dilakukan saat ini, kenapa harus menunggu nanti. Misalnya waktu sedang menunjukkan pukul 4.55, tidak perlu menunggu waktu 5.00 untuk melakukan sebuah pekerjaan. Waktu 5 menit tersebut sangat penting dan bisa kita gunakan untuk menyicil pekerjaan kita.

Demikian 5 tips yang bisa dilakukan untuk mengelola waktu dengan baik agar tidak terbuang sia-sia. Mana kebiasaanmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak