facebook

4 Perilaku Toksik yang Sering Tak Disadari, Kamu Pernah Melakukannya?

Susanti ..
4 Perilaku Toksik yang Sering Tak Disadari, Kamu Pernah Melakukannya?
Ilustrasi teman (pexels.com/Charlotte May)

Biasanya jauh lebih mudah memperhatikan perilaku buruk orang lain dibanding perbuatan kita sendiri. Sudah sibuk menunjuk-nunjuk kalau orang lain toksik, ternyata gak sadar bahwa diri sendiri gak berbeda.

Nah, sebagai bahan evaluasi diri, mari disimak apa saja perilaku toksik yang sering tak disadari. Semoga dengan mengetahuinya bisa mendorongmu berbenah diri. Yuk, kita simak sama-sama.

1. Membicarakan aib orang lain

Bergosip itu bukan perkara penting sampai kamu sendiri yang jadi korban gosip. Ketika itu terjadi, baru sadar, kan, kalau diomongin orang di belakang tuh gak enak banget?

Makanya, mulai sekarang jangan dibiasakan, ya, perilaku buruk ini. Karena meski kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari, bergunjing itu termasuk perilaku toksik, lho. Dampak buruk paling minimal akan menghancurkan mental orang yang dibicarakan.

2. Meremehkan masalah orang lain

Perilaku toksik ini pun sering banget ditemui dalam kehidupan nyata. Ketika ada seseorang yang berkeluh kesah langsung dihantam dengan kalimat seperti, “Gak bersyukur banget. Masalahmu masih gak ada apa-apanya dengan orang lain, lho”.

Memang, masalah di dunia ini sangat beragam. Namun, tiap orang punya kerapuhannya masing-masing. Boleh jadi masalah A bagimu kecil, tapi baginya sangat besar.

Oleh sebab itu, cobalah untuk welas asih terhadap orang lain. Bila kita belum bisa membantunya, setidaknya jangan membebani mentalnya dengan meremehkan masalahnya. Itu jahat, lho.

3. Mengkritik orang lain

Kritikan yang konstruktif memang sangat bermanfaat sekali. Namun, kamu perlu evaluasi, nih, apakah kritikan yang selama ini kamu berikan ke orang-orang sekitar termasuk kritikan membangun atau malah menghancurkan harga dirinya?

Coba pikir lagi. Kalau kamu sering banget mengkritik seseorang, dan kritikan pun diutarakan dengan blak-blakan tanpa berpikir apakah dia bakal sakit hati atau tidak, itu tanda kalau kemungkinan besar kritikanmu merusak atau destruktif. Mengkritik seperti ini termasuk toksik, lho.

4. Menyindir di media sosial

Perilaku toksik selanjutnya, yaitu menyindir di media sosial ketika seseorang berbuat salah. Kalaupun orangnya jadi sadar, nanti dia bakal sakit hati, lho. Dia akan kecewa kenapa kamu gak mengatakan secara langsung padanya, dan malah mengumbarnya di ranah publik. Gak semua orang bisa nyaman ketika masalahnya diumbar ke mana-mana, lho.

Itu dia beberapa contoh perilaku toksik yang sering tidak disadari. Gimana, ada yang sering kamu lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak