4 Tipe Sensation Seeker Si Penyuka Tantangan, Kamu Salah Satunya?

Rizky Melinda Sari
4 Tipe Sensation Seeker Si Penyuka Tantangan, Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi roller coaster (Pixabay/paulbr75)

Sensation seeking dapat diartikan sebagai seseorang yang senang melakukan aktivitas di luar rumah yang penuh dengan tantangan, pengalaman baru, serta berbagai kegiatan lain yang mampu merangsang sensasi. Beberapa contoh kegiatan yang digemari para sensation seeking misalnya berpetualang, memanjat tebing, bermain wahana ekstrem, serta berbagai kegiatan sejenis lainnya.

Berdasarkan unggahan dari akun Instagram @studiodjiwa, sensation seeker atau orang yang melakukan sensation seeking memiliki banyak tipe. Berikut ini adalah beberapa tipe sensation seeker berdasarkan pembagian oleh marvin Zuckerman pada tahun 1964.

1. Thrill and adventure seeking

Tipe pertama adalah thrill and adventure seeking atau orang-orang yang senang melakukan berbagai kegiatan yang memicu adrenalin seperti bermain roller coaster, terjun payung, panjat tebing, naik parasut, bungee jumping, serta berbagai aktivitas yang memicu adrenalin lainnya.

Mereka cenderung senang merasakan sensasi ketika berputar, berada di ketinggian, atau menikmati setiap momen saat tubuh mereka berada di udara.

BACA JUGA: 4 Tantangan Menuju Kedewasaan, Kamu Siap Menghadapinya?

2. Experience seeking

Tipe kedua adalah experience seeking. Tipe ini menyukai pengalaman yang menyenangkan melalui pikiran seperti seni, teater, musik, serta film.

Tipe ini akan berusaha menantang dirinya dengan menonton film horror atau thriller yang dapat memicu adrenalin. Mereka suka dengan film horror karena membuat mereka merasa lebih hidup!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Kerjaan Sampingan untuk Karyawan, Bisa Nambah Penghasilan!

3. Disinhibition

Tipe ketiga adalah disinhibition. Tipe ketiga ini adalah tipe yang cenderung bertindak atau melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan konsekuensi.

Mereka senang dengan berbagai aktivitas yang menantang, tetapi kurang memperhatikan keselamatan serta antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Tipe ini harus bisa membiasakan diri untuk memperhatikan keselamatan diri sendiri.

BACA JUGA: 5 Tantangan Ketika Berbaur dengan Lingkungan Baru, Harus Menjaga Diri!

4. Resistence to boredom

Tipe keempat adalah resisten to boredom. Tipe ini terdiri dari orang-orang yang menghindari pekerjaan atau kegiatan yang sangat monton, repetitif, atau membosankan. Mereka tidak suka dengan kegiatan yang itu-itu saja, mereka lebih senang mencari hal-hal baru yang serba belum pasti.

Mereka sangat anti terhadap jadwal yang teratur, kegiatan yang terus berulang setiap harinya, serta berbagai hal yang mereka anggap membosankan.

Itulah empat tipe sensation seeker yang harus kamu ketahui. Apakah kamu termasuk salah satu sensation seeker? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak