alexametrics

Jarang Disadari, Ini 5 Kebiasaan Diet yang Salah

Hayuning Ratri
Jarang Disadari, Ini 5 Kebiasaan Diet yang Salah
Ilustrasi menu makanan diet. (Unsplash/Brooke Lark)

Diet yang salah justru tidak memberi hasil dan manfaat bagi kamu. Berikut ini beberapa kebiasaan diet yang salah, namun masih kerap dilakukan.

Suara.com - Tak sedikit orang memilih melakukan diet agar memperoleh bentuk tubuh yang ideal. Namun demikian, kurangnya pengetahuan mengenai cara diet yang benar dan sesuai anjuran acap kali menjadi persoalan. Sudah melakukan beragam aktivitas diet, namun hasilnya tidak terlalu tampak? Jangan-jangan ada yang salah dengan kebiasaan yang kamu lakukan.

Diet yang salah justru tidak memberi hasil dan manfaat bagi kamu. Lebih lanjut, bisa jadi timbul gangguan kesehatan yang tidak disangka. Berikut ini beberapa kebiasaan diet yang salah, namun masih kerap dilakukan, mengutip dari Beautynesia:

1. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan. Kebiasaan ini justru dapat membuat kamu mengambil porsi makan yang lebih banyak di siang hari. Tidak melakukan sarapan juga dapat membuat suasana hati kamu kurang baik.

2. Mengabaikan kalori minuman

Sering kali seseorang yang diet hanya memperhatikan kalori yang terdapat pada makanan. Ia lupa bahwa kalori pada minuman juga dapat berpengaruh. Bahkan, minuman manis cepat saji terkadang mengandung kalori yang lebih banyak daripada makanan.

3. Menghindari sayuran

Tak sedikit orang yang memilih diet ketat dengan makan makanan yang mengandung protein dan lemak saja. Padahal, tubuh juga membutuhkan serat yang cukup agar berat badan dapat turun. Kandungan serat dalam sayuran dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

4. Tidak berolahraga

Mulai saat ini biasakan olahraga secara rutin minimal 30 menit sampai 1 jam per hari. Olahraga yang rutin dapat mempercepat kamu memperoleh berat badan yang ideal.

Kebanyakan orang yang melakukan diet hanya fokus pada pilihan makanan yang akan dikonsumsinya saja. Tanpa melakukan olahraga yang juga tak kalah penting untuk menunjang tujuan dietmu.

5. Kurang minum air putih

Beberapa orang memutuskan menghindari minum air putih ketika diet. Padahal, minum air putih yang cukup dapat membantumu mencapai berat badan yang ideal lebih cepat. Air putih efektif untuk membantu memecahkan lemak dalam tubuh.

Nah, itulah kelima kebiasaan diet yang salah untuk dilakukan. Jika kamu diet, pastikan melakukan diet yang benar sesuai anjuran ya.