alexametrics

5 Aktivitas Sederhana untuk Tingkatkan Suasana Hati

Hayuning Ratri
5 Aktivitas Sederhana untuk Tingkatkan Suasana Hati
Ilustrasi galau. (pexels/ Andrew Neel)

Beragam cara dapat kamu lakukan untuk memperbaiki suasana hati mulai dari melakukan aktivitas sederhana.

Suara.com - Terkadang kamu merasa sedih, tak bersemangat, atau galau tidak karuan. Entah karena masalah keluarga, percintaan, pekerjaan, bahkan sesuatu hal yang kadang tidak dimengerti juga alasan pasti mengapa.

Sebenarnya, ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki suasana hati. Kamu bisa melakukan suatu hal yang kamu sukai dan membuat nyaman agar suasana hati membaik.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan mood, dikutip dari laman Halodoc:

1. Olahraga

Saat kamu berolahraga, tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang, sehingga hal ini berguna untuk mengontrol emosi. Berdasarkan penelitian, olahraga yang dilakukan dengan intensitas yang tinggi akan membuat tubuh dan otak menghasilkan hormon dan neurotransmitter yang berdampak positif tidak hanya untuk suasana hati, tapi juga memori dan tingkat energi.

Menurut hasil penelitian dari jurnal Brain Plasticity mengungkapkan bahwa orang-orang setelah melakukan aktivitas olahraga akan merasa lebih bahagia karena olahraga menurunkan ketegangan, depresi, dan kemarahan.

2. Tidur siang

Berdasarkan hasil studi dalam Journal of Sleep Research menyatakan bahwa balita yang kurang tidur siang memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih rendah dan tingkat kecemasan meningkat.

Mengutip dari National Sleep Foundation (NSF), sebaiknya meluangkan waktu untuk tidur siang selama 20 sampai 30 menit agar tubuh dan pikiran dapat kembali segar sehingga suasana hati dapat membaik.

3. Melakukan aktivitas bersama orang terdekat

Aktivitas yang dilakukan bersama orang terdekat seperti keluarga, pasangan, atau sahabat dapat meningkatkan suasana hati kamu. Kamu dapat menceritakan apa yang kamu rasakan kepada mereka agar beban pikiranmu dapat berkurang.

Selain itu, kamu juga bisa meminta masukan dan saran kepada mereka jika diperlukan. Akan tetapi, jika kamu tidak terlalu nyaman untuk membicarakan persoalan kepada teman atau kerabat, tak perlu untuk memaksakannya ya.

4. Jalan-jalan

Meluangkan waktu untuk jalan-jalan sekadar keluar rumah menuju taman atau mencari makan dapat menaikkan suasana hati kamu. Suasana di luar dan udara segar dapat menenangkan pikiranmu yang sedang gundah gulana.

5. Mandi atau berendam air hangat

Aktivitas sederhana seperti mandi atau berendam air hangat bisa menjadi satu pilihan yang tepat bagi kamu yang suasana hatinya kurang begitu baik. Menurut sebuah penelitian, suhu air yang tinggi tak hanya membuat kamu menjadi lebih tenang, tapi juga dapat membuat suasana hati membaik.

Itulah kelima tips sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan mood atau suasana hati. Bagaimana suasana hatimu saat ini? Semoga harimu menyenangkan ya.