facebook

4 Peran Penting Editor bagi Seorang Penulis

Rado
4 Peran Penting Editor bagi Seorang Penulis
Ilustrasi penulis. (pexels.com/Ivan Samkov )

Bagi seorang penulis yang terbiasa untuk menulis artikel atau naskah lainnya, editor sangat penting peranannya. Bahkan ada pula yang menyewa jasa editing naskah karena mereka benar-benar merasa perlu keberadaan editor.

Nah, sebenarnya apa saja sih peran penting editor bagi seorang penulis? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Melakukan review terhadap tulisan

Tugas pertama editor bagi penulis adalah melakukan review naskah atau tulisan yang diserahkan penulis. Dalam tahap ini, editor biasanya akan membaca tulisan tersebut dari awal hingga akhir serta menandai bagian yang harus direvisi. Sehingga tak heran jika editor adalah seseorang dengan tingkat kritis yang tinggi.

2. Memberikan kritik dan saran

Peran penting editor lainnya untuk penulis yaitu memberikan kritik dan saran terkait tulisannya. Biasanya kritik dan saran tersebut disampaikan secara tertulis atau menggunakan media lainnya. Bisa juga disampaikan melalui lisan secara langsung.

3. Melakukan diskusi terkait tulisan

Tak kalah penting dari seorang editor yang harus kamu tahu adalah mereka akan melakukan diskusi terkait naskah yang disetorkan. Biasanya editor menginginkan perubahan, namun penulis tidak menghendakinya. Disinilah proses diskusi antara editor dengan penulis dilakukan.

4. Sebagai perujuk naskah

Terakhir, editor juga berfungsi untuk merujuk naskah tersebut dan mempengaruhi orang lain untuk membaca tulisan penulis tersebut. Biasanya editor dengan kualifikasi tertentu yang bisa memberi ulasan dan rujukan agar tulisan tersebut dibaca oleh klien.

Itulah berbagai peran penting editor bagi penulis. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak