alexametrics

Cegah Penyakit Maag, Batasi Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Hayuning Ratri
Cegah Penyakit Maag, Batasi Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini
Ilustrasi gorengan. (Unsplash/Alfonso Rodríguez)

Penyakit maag adalah gangguan yang terjadi pada organ lambung. Maag dapat muncul karena terlambat makan dan kondisi stres. Oleh karena itu, pengidap maag perlu untuk memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Jamie Koufman, MD, dan Jordan Stern, MD, penulis dari buku In Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure mengungkapkan bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi berpotensi dapat membuat asam lambung seseorang menjadi naik. 

Berikut ini terdapat empat jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko terserang maag yang perlu kamu waspadai, mengutip dari Halodoc.

1. Gorengan

Gorengan mengandung lemak yang tergolong tinggi sehingga dapat memengaruhi asam lambung. Dalam beberapa kasus dilaporkan bahwa gorengan bahkan dapat mengakibatkan heartburn (nyeri di bagian ulu hati).

2. Produk olahan susu

Beragam jenis produk olahan susu di pasaran seperti yoghurt, mentega, dan susu mempunyai sifat asam yang berpotensi meningkatkan asam lambung. Oleh karena itu, kamu perlu membatasi konsumsi jenis makanan ini jika mempunyai gangguan kesehatan utamanya di lambung.

3. Minuman soda dan alkohol

Minuman soda bersifat asam yang memberi efek perut kembung bagi yang mengonsumsi. Sementara itu, alkohol diyakini oleh para ahli dapat meningkatkan kadar asam lambung. Alkohol dipercaya dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus yang dapat membuat asam lambung meningkat.

4. Daging merah

Daging merah misalnya daging sapi, kambing, dan domba mempunyai kandungan lemak tinggi yang dapat menyebabkan maag. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mencoba untuk mengonsumsi daging merah yang rendah lemak.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit maag. Kamu dapat mengonsumsinya sesekali saja untuk menghindari masalah kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak