alexametrics

Hari Buku Sedunia: Lakukan 4 Kebiasaan Ini Untuk Membaca Buku Secara Tuntas

Made Dinda Y S
Hari Buku Sedunia: Lakukan 4 Kebiasaan Ini Untuk Membaca Buku Secara Tuntas
Ilustrasi membaca buku. Unsplash.com

Tanggal 23 April selalu diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Peringatan ini ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1995 silam dengan harapan bisa menumbuhkan kesadaran setiap orang akan pentingnya membaca dan mempromosikan gerakan cinta sastra.

Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang kesulitan dalam membaca buku secara tuntas. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh kemampuan membaca setiap orang yang berbeda. Jika kamu salah satu orang yang sulit membaca buku hingga tuntas, kamu perlu menumbuhkan 5 kebiasaan ini. Apa saja?

1. Awali dengan membaca artikel

Hal besar datang karena hal kecil yang dilakukan secara rutin, sama seperti kebiasaan membaca. Jika kamu ingin membaca buku secara tuntas, maka kamu bisa mengawalinya dengan kebiasaan membaca artikel ringan.

Ketika kamu sudah terbiasa membaca artikel ringan, kamu bisa melanjutkanya dengan membaca artikel berat seperti berita atau opini di koran. Setelah kamu terbiasa dengan kegiatan membaca artikel tersebut, niscaya kamu akan mampu menuntaskan bacaan satu buku penuh.

2. Jadikan toko buku sebagai tujuan

Saat pergi ke pusat perbelanjaan, toko mana yang sering kamu kunjungi? Toko baju, makanan, atau kecantikan? Coba sesekali melangkahkan kaki untuk pergi ke toko buku, meskipun belum ada buku yang ingin kamu beli.

Suasana toko buku yang berbeda dengan tempat lain di pusat perbelanjaan akan memberikanmu kesan bahwa buku akan membawamu pada dunia yang berbeda. Kamu juga bisa membaca sample buku yang disediakan di toko tersebut.

3. Tidak harus buku yang berat, pilih buku kesukaanmu!

Apakah kamu pernah punya keinginan untuk membaca buku bacaan berat hanya karena teman kuliah atau sekolahmu membaca buku itu? Eittss, jangan lakukan itu ya! Hal itu hanya akan membuat otakmu bekerja keras dan tidak menikmati momen mengasyikkan saat membaca.

Jika kamu suka membaca tentang sains yang dikemas dalam sebuah komik, beli dan bacalah secara tuntas komik tersebut. Jangan pernah membandingkan buku bacaanmu dengan bacaan orang lainnya, ya!

4. Istirahat dari media sosial

Sadarkah kamu bahwa selama ini kamu telah menghabiskan banyak waktu untuk melihat kehidupan orang lain di media sosial? Ternyata, waktu dan energimu juga bisa habis loh saat aktif bermedia sosial! Hal itu tentunya menyebabkan kamu tidak memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan lain, apalagi membaca buku.

Jika kamu kesulitan untuk istirahat dari media sosial, kamu bisa beralih untuk mencoba menggunakan media sosial lain yang lebih edukatif dan bisa menumbuhkan minat bacamu, misalnya menggunakan Quora.

Membaca buku sangatlah penting karena seperti yang pepatah katakan bahwa buku adalah jendela dunia. Untuk melihat dunia yang luas, maka kamu harus membuka jendela tersebut dengan kegiatan membaca. Jadi, mulai terapkan 4 kebiasaan di atas agar kamu bisa membaca buku secara tuntas ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak