alexametrics

Arsene Wenger Klaim Rencana Piala Dunia Dua Tahun Sekali Dapat Respons Baik

Afsal Muhammad
Arsene Wenger Klaim Rencana Piala Dunia Dua Tahun Sekali Dapat Respons Baik
Arsene Wenger (Instagram/wengershouse)

Rencana FIFA untuk menggandakan jumlah Piala Dunia dengan mengadakan turnamen setiap dua tahun disebut telah menerima respons yang sangat positif. Hal itu diungkapkan langsung oleh Arsene Wenger, orang yang memimpin proposal rencana, mengatakan pada Kamis, (9/9/2021).

Mantan manajer Arsenal itu adalah kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA dan telah mendorong gagasan itu selama beberapa minggu sebelum mengadakan konsultasi dengan sekelompok sekitar 80 mantan pemain dan pelatih di Doha, Qatar, minggu ini.

Mantan pemenang Piala Dunia Brasil Ronaldo muncul pada konferensi pers virtual dengan Wenger dan menyatakan dukungannya untuk gagasan tersebut dengan mantan pemain internasional Australia Tim Cahill dan mantan kiper Denmark Peter Schmeichel juga mendukung proses tersebut.

Schmeichel mengatakan bahwa tidak ada pemain yang menghadiri diskusi yang menentang gagasan pindah ke siklus dua tahun daripada jeda empat tahun saat ini.

"Secara keseluruhan, saya pikir saya mendapat respons yang sangat positif, tetapi keputusan ini adalah keputusan demokratis dan pasti akan dibuat oleh 211 negara yang berafiliasi dengan FIFA. Saya pikir kami terus berkonsultasi dengan orang-orang," kata Wenger, dikutip SuperSport, Kamis (9/9/2021).

Namun, rencana orang Prancis itu ditentang oleh konfederasi Eropa UEFA dan oleh Forum Liga Dunia yang mewakili kompetisi klub domestik utama. Ditanya tentang oposisi itu dan risiko konflik besar dalam permainan, Wenger mengatakan dia hanya menjalankan peran mengembangkan solusi untuk permainan.

“Saya tidak ragu sama sekali. Saya 100% yakin bahwa apa yang saya usulkan adalah solusi yang tepat untuk cara modern mengatur sepakbola. Jika orang memiliki ide yang lebih baik, saya terbuka untuk itu dan saya menyambut setiap ide yang ada. lebih baik dari saya," katanya.

"Saya tidak akan memilih. Saya hanya membuat proposal yang menurut saya akan memperbaiki banyak hal dan membuat hidup lebih baik untuk semua orang, tetapi terutama membuat sepak bola lebih baik," imbuh dia.

Dia menyebut bahwa hal itu adalah target utamanya dan tidak pernah dipandu atau ada campur tangan oleh hal lain. Wenger mengatakan keputusan tentang langkah selanjutnya untuk proposal dapat diambil oleh FIFA pada awal Desember.

"Apa yang kami lakukan hari ini adalah bagian dari itu, tetapi saya juga akan menghormati keputusan sepak bola dan saya juga yakin bahwa kami dapat membuat semua orang menerima bahwa ini adalah solusi terbaik," katanya.

Presiden LaLiga Spanyol Javier Tebas adalah tokoh sepak bola Eropa terbaru yang menentang rencana tersebut.

"Piala Dunia dua tahunan adalah ancaman tidak hanya bagi liga sepak bola domestik tetapi juga bagi tradisi sepak bola dunia secara keseluruhan," katanya.

Tebas menyebut rencana tersebut akan membutuhkan perombakan kalender yang akan mengganggu liga domestik hingga minat akan hilang dan kelangsungannya terancam.

"Ini akan memiliki efek mengalir di seluruh piramida sepak bola, dengan penggemar kehilangan minat pada olahraga. Kompetisi baru atau bermain lebih sering tidak akan membantu menumbuhkan sepak bola, sebaliknya. Piala Dunia dua tahunan akan memperburuk apa yang kita miliki saat ini dan tidak memungkinkan mereka yang bisa membangun dan meningkatkan," tambah Tebas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak