alexametrics

7 Makanan Pantang Dikonsumsi Penderita Jerawat Batu, Biar Nggak Makin Parah!

Andi Nitha Nahfiah
7 Makanan Pantang Dikonsumsi Penderita Jerawat Batu, Biar Nggak Makin Parah!
Ilustrasi wajah berjerawat batu. (Pexels.com/id-id/shotpot)

Setiap wanita atau pria pasti pernah mengalami muka berjerawat. Tentunya sangat menyebalkan dan menghilangkan rasa percaya diri. Apalagi jerawat yang dialami adalah jerawat batu. Jerawat batu terjadi akibat kombinasi bakteri, minyak pada wajah, dan sel kulit kering yang tertimbun pada pori-pori wajah.

Jerawat ini sulit disembuhkan perlu perawatan seorang dokter. Selain itu seorang penderita jerawat batu perlu menghindari makanan yang dapat semakin memperparah jerawat ini. Diambil dari berbagai sumber berikut makanan yang dipantang, yaitu:

1. Makanan Manis

Kadar gula yang tinggi padamakanan manis seperti kue cake, kering, dan lain-lain dapat memicu naiknya insulin dalam darah naik sehingga kadar gula darah tinggi. Keadaan ini dapat menyebabkan masalah pada kulit yaitu produksi minyak pada wajah menjadi berlebih.Maka hati-hati yang memiliki jerawat batu, akan sulit sembuh. Batasi mengonsumsi makanan manis tersebut jika tidak mau jerawatmu semakin parah.

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan terdapat pada biskuit, roti, pasta, dan lain-lain. Dan makanan ini juga banyak yang menggemari. Diketahui makanan yang terbuat dari karbohidrat olahan ini mengandung kadar gula tinggi.

Walaupun karbohidrat tidak memproduksi sebum terlalu banyak. Namun kandungan  kadar gula yang tinggi dapat membuat peradangan pada jerawat batumu. Maka jerawat batumu akan semakin parah.

3. Keripik atau snack

Tahukah? Sekantong keripik atau snack mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Mengakibatkan makanan ini tidak baik dikonsumsi penderita jerawat batu.

Keripik atau snack yang kamu makan mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi.Maka ketahuilah, lemak yang tinggi membuat produk minyak berlebih di wajah. Karbohidratnya menyebabkan peningkatan insulin dapat menyebabkan jerawat batu. Jadi sudah tahu, ya, mengapa kamu yang memiliki jerawat harus menghindari makanan ini.

4. Produk susu olahan

Makanan yang terbuat dari produk susu olahan memang enak banget seperti, keju, es krim, dan yogurt tapi produk ini mengandung gula tinggi. Kandungan gula yang tinggi pada produk olahan susu mengakibatkan insulin meningkat sehingga produksi minyak wajah tak terkendali. Akibatnya pori-pori di wajah tersumbat dan jerawat batu akan timbul. Jika mau mengonsumsinya jangan terlalu banyak, ya, bagi penderita jerawat batu.

5. Cokelat

Camilan satu ini banyak yang menggemari. Namun tidak untuk yang memiliki jerawat batu. Gula tambahan pada cokelat sangat tinggi sehingga produksi minyak wajah akan berlebih.Maka jerawatmu akan sulit sembuh jika mengonsumsi cokelat secara berlebihan. Jangan banyak-banyak makan coklat, ya.

6. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang akrab di mulut. Beberapa gorengan yang sering dikonsumsi yaitu, bakwan, mendoan, pisang goreng, dan lain-lain. Membuat gorengan tidak lepas dari tepung terigu dan minyak goreng.

Kedua bahan untuk membuat gorengan akan berakibat buruk jika dikonsumsi pemilik jerawat batu. Jerawatmu akan sulit sembuh, karena minyak yang mengandung lemak akan membuat produksi sebum berlebih di wajah.

7. Telur

Telur salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung protein. Namun jika kamu memiliki jerawat hendaknya batasi dahulu mengonsumsi telur, ya.

Kandungan protein pada telur membuat produksi minyak di wajah menjadi berlebih sehingga jerawat batumu akan semakin parah.

Agar jerawat batumu cepat sembuh kamu perlu menghindari makanan tersebut di atas, selain itu juga perawatan dokter. Semoga jerawatmu dapat sembuh dan kamu kembali percaya diri.

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/hormonal-acne-diet#foods-to-eat-and-avoid

https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/ss/slideshow-acne-best-worst-foods

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak