alexametrics

3 Pelatih Sepak Bola Top yang Terancam Dipecat, Jadi Sorotan Dunia

Aditiya Pratama
3 Pelatih Sepak Bola Top yang Terancam Dipecat, Jadi Sorotan Dunia
Gestur manajer Arsenal, Mikel Arteta pada laga Liga Inggris kontra Tottenham Hotspur di Emirates Stadium, London, Senin (27/9/2021) dini hari WIB. [IAN KINGTON / IKIMAGES / AFP]

Peran seorang pelatih dalam menangani klub besar memang terbilang berat. Sang juru taktik biasanya dituntut untuk membawa klub sepak bola yang ia tangani berada di posisi terbaik. Jika klub yang ia tangani gagal berprestasi, maka kursi kepelatihannya bisa saja terancam.

Ketatnya klub Liga Inggris dalam memberikan target ke pelatih memang sudah bukan rahasia lagi. Baru-baru ini pelatih Watford, Xisco Munoz, menjadi pelatih yang baru-baru ini dipecat dari pentas Liga Inggris musim ini. Ia dinilai tidak mampu mengangkat performa Watford yang hanya mengemas 7 poin dari tujuh laga yang dijalani.

Tak hanya Munoz, beberapa pelatih ini juga dalam posisi kurang beruntung di klubnya dan terancam harus diberhentikan dari kinerjanya sebagai pelatih. 

3 Pelatih Top yang Terancam Dipecat

1. Mikel Arteta

Performa Arsenal sebagai tim besar akhir-akhir ini mendapat sorotan dari pecinta sepak bola dunia. Pelatih mereka, Mikel Arteta harus bertanggung jawab atas hasil kurang memuaskan yang dialami The Gunners.

Arsenal kini berada di peringkat 11 klasemen Liga Inggris musim 2021/2022. Posisi klasemen yang kurang memuaskan dari klub asal London itu berawal dari performa Arsenal di awal-awal kompetisi.

Meski kini mereka agak membaik usai meraih 3 kemenangan dan satu hasil imbang, tetapi laga-laga yang akan mereka jalani kedepannya akan sedikit sulit. Andai Arsenal kembali gagal, besar kemungkinan nasib Mikel Arteta sebagai pelatih tidak akan bertahan lama.

2. Ole Gunnar Solskjaer

Nama besar Manchester United menjadi tanggung jawab Ole Gunnar Solskjaer sejak beberapa musim lalu. Memiliki pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo tak menjamin Setan Merah kini berada di posisi teratas klasemen Liga Inggris. Yang terbaru dari 5 laga yang dijalani di semua kompetisi, Manchester United menderita 2 kekalahan, 2 kali menang, dan 1 kali imbang.

Lawan yang akan dihadapi Manchester United kedepannya juga bukan lawan yang enteng. Leicester City, Atalanta, Liverpool dan Tottenham Hotspur merupakan tantangan Solskjaer selanjutnya. Jika ia tetap gagal mengantarkan Ronaldo dan kawan-kawan meraih kemenangan, bisa saja pria asal Norwegia itu dipecat. 

Menyadur dari laman Premier League, meski saat ini memiliki catatan kurang maksimal, Solskjaer memiliki faktor istimewa yang bisa menolong nasibnya. Kecerdasan dalam melakukan transfer pemain bisa ia tunjukkan saat berhasil memboyong pemain-pemain penting seperti, Harry Maguire, Bruno Fernandes, Jadon Sancho, dan terakhir Cristiano Ronaldo.

3. Brendan Rodgers

Pelatih top yang terancam dipecat selanjutnya kembali datang dari kompetisi Liga Inggris, yakni pelatih Leicester City, Brendan Rodgers. Hingga pekan ke-7 Leicester berada di posisi 13 dengan raihan 8 poin. Dari 5 laga terakhirnya di Liga Inggris, Leicester hanya meraih 1 kemenangan, 2 kekalahan, dan 2 hasil imbang. Jelas itu merupakan hasil yang kurang memuaskan untuk klub yang pernah meraih juara Liga Inggris pada tahun 2015/2016.

Rodgers kini berada dalam ancaman pemecatan jika tidak segera bangkit dalam beberapa laga kedepan. Rodgers tampaknya akan sedikit mengalami kesulitan lantaran mereka akan menghadapi tim-tim kuat seperti Manchester United, Spartak Moskow, Brentford, Brighton dan Arsenal.

Itulah 3 pelatih sepak bola top yang terancam dipecat. Ada favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak