facebook

Menunggu Sidang Isbat, Warga Cianjur Masih Semangat Membuat Kue Lebaran

Muhammad Afsal Fauzan S.
Menunggu Sidang Isbat, Warga Cianjur Masih Semangat Membuat Kue Lebaran
Warga Cianjur Jawa Barat Membuat Kue Lebaran. (Dok. Pribadi/afsalmuhammad)

Lebaran Idul Fitri 2022 tinggal beberapa saat lagi. Sudah banyak warga yang mulai membuat aneka kue yang merupakan hidangan khas Lebaran sambil menunggu pengumuman penetapan 1 Syawal.

Nenden Hasanah (42) misalnya, warga Kampung Wargaluyu RT 02/RW 11, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini masih semangat membuat kue untuk Lebaran Idul Fitri bersama keluarganya sembari menunggu sidang isbat berlangsung.

Ia menilai, kue lebaran merupakan hidangan wajib disediakan di atas meja saat Idul Fitri 2022 tiba. Seperti kue nastar, kastengel, putri salju, sampai aneka manisan lainnya.

“Sekarang lebarannya beda seperti tahun lalu. Kalau tahun lalu dilarang mudik, sekarang banyak yang datang ke rumah karena mudik, jadi hidangan juga harus banyak ,” ujar Nenden, Minggu (1/5/2022).

Nenden mengaku kini membuat hidangan lebih banyak dari biasanya, sebab kumpul keluarga sudah semakin longgar setelah masa kelam Covid-19.

Tahun lalu, Nenden mengaku tidak banyak membuat kue lebaran. Mengingat mudik masih dibatasi sehingga tidak banyak keluarga yang berkunjung ke rumah.

“Karena banyak saudara yang datang jadinya kan harus lebih meriah, sambil menunggu pengumuman, takutnya kalau diumumkan lebaran besok tanpa persiapan jadi ribet. Ini seperti mengingatkan ke masa lebaran jauh sebelum Covid melanda,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tradisi membuat kue harus tetap lestari. Sebab, terdapat makna berharga di dalamnya. Selain melatih kekompakan keluarga, momen berkumpul itulah yang sulit didapat di tempat lain.

“Momen berkumpul ketika membuat kue itu pastinya sangat berharga, apalagi bisa mengajarkan anak membuat kue. Sebab, menambah kualitas dalam keharmonisan keluarga. Kami setiap tahun pasti seperti ini,” jelas dia.

Sama halnya dengan Ningsih (67), warga Desa Nagrak, Cianjur lainnya ini membuat banyak menu makanan berat. Mulai dari opor ayam sampai rendang.

“Karena pengumuman isbat kan masih belum dilakukan. Jadi untuk jaga-jaga hidangannya dibuat mulai sekarang,” sebutnya.

Ia pun mengatakan, jelang Lebaran tahun ini banyak yang menyuguhkan menu masakan Lebaran. Namun, ia memilih untuk membeli daripada membuat.

“Kalau kue banyaknya beli. Paling yang buat itu nastar, karena memang harus khas rasanya dan kalau beli rasanya pasti beda,” tukas dia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak