facebook

Viral! Pemudik Ini Menghabiskan Biaya Rp 20 Juta selama Lebaran di Kampung

khf syh
Viral! Pemudik Ini Menghabiskan Biaya Rp 20 Juta selama Lebaran di Kampung
Tangkapan layar dari unggahan video pemudik viral (Tiktok/@susansusiloputri)

Pemudik asal Bekasi ini telah membuat heboh warganet. Pasalnya, Ia membagikan pengalaman mudiknya selama di kampung halaman dan akui kalau selama berada di kampung halaman, Ia menghabiskan biaya sekitar total Rp 20 juta.

Ia mengisahkan pengalamannya tersebut melalui akun TikTok pribadinya, @susansusiloputri. Ia menegaskan bukan ingin mengeluh, namun hanya ingin membagikan pengalamannya sebagai bahan tinjauan untuk para pemudik lain.

"Rp 20 Jutaan dihabiskan hanya untuk satu minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari-hari kerja, bukan ngeluh tapi hanya, sharing aja #mudik #wonosobo #temanggung," tulis cuitan video akun TikTok @susansusiloputri.

Akun TikTok @susansusiloputrin menyebutkan jika kamu ingin mudik harus punya uang yang cukup karena harga mudik tidaklah murah. Ia merinci pengeluarannya selama berangkat mudik. "Cuma mau bilang biaya mudik itu gak murah," ujarnya.

Dilansir dari adanya video tersebut, akun TikTok @susansusiloputri mudik ke daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Video pengakuannya mudik menghabiskan Rp 20 juta tersebut sudah ditonton lebih dari 186 ribu Views dan mendapatkan beragam komentar dari warganet. Ada yang juga berbagi pengalaman dan memberi tanggapan biaya untuk mudik juga.

Susan memberikan rincian pengeluaran biaya mulai dari awal persiapan sebelum berangkat mudik yaitu servis mobil, membeli hampers hingga mengisi BBM dan E-toll. Berikut rinciannya:

1. Service mobil pada saat mau berangkat Rp 2,5 juta.

2. Hampers untuk sanak saudara dari pihak istri dan suami karena keluarga yang cukup banyak di sini bisa Rp 5-6 juta.

3. Kebutuhan makan dan minum untuk 2 mobil, 1 mobil isi 2 orang. Jadi untuk 4 orang Rp 500 ribu.

4. Isi E-toll Rp 1 juta, BBM pakai pertamax dengan uang Rp 1,5-2 juta tergantung macetnya dan bisa lebih dari ini.

5. Uang nominal kecil Rp 2 ribu berjumlah Rp 200 ribu, Rp 5 ribu dengan total Rp 500 ribu untuk kebutuhan di jalan.

6. Selama perjalanan atau di sana makan di restoran atau rumah makan Rp 500 ribu satu kali makan serta jajanan pinggir jalan dengan patokan budget Rp 300 ribu.

7. Tempat penginapan jika pindah kota atau kelelahan. Dan karena tidak kebagian kamar di rumah eyangnya, Susan memilih untuk menginap di hotel Rp 600 ribu x 4 hari = Rp 2,4 juta. Susan juga mengatakan bahwa Ia mudik ke Cilacap tempat suaminya selama dua hari dua malam. Mereka menginap di hotel yang biaya satu malam Rp 750 ribu x 2 malam

8. Uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para keluarga dengan nominal pecahan Rp 10 ribu dengan total Rp 1 juta, pecahan Rp 5 ribu dengan total Rp 500 ribu.

9. Kebutuhan makan selama di luar kota satu kali makan Rp 200 ribu- Rp 300 ribu x 6 hari = Rp 1,8 juta.

10. Kembali ke tempat asal, Bekasi, Pondok Gede, mengulangi hal yang sama untuk isi BBM sebesar Rp 1,5 juta.

Susan memberikan wejangan bagi kamu yang ingin mudik:

"Harus sehat, agar tidak merepotkan keluarga, jadi budget bisa terealisasikan. Perbekalan yang cukup kalau bisa lebihkan untuk air mineral. Budget lebih ya karena kita nggak tahu kondisi di jalan, dan buat balik kembali ke ibukota," ucapnya

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak