facebook

Negara Paling Bahagia di Dunia, Inilah 6 Fakta Finlandia!

Ahmad Irfan Ramadhan
Negara Paling Bahagia di Dunia, Inilah 6 Fakta Finlandia!
Helsinki, Ibukota Finlandia.(Unsplash.com)

Finlandia adalah salah satu negara yang terletak di bagian utara Benua Eropa. Negara ini tergabung ke dalam negara Skandinavia. Ibukota dari negara ini adalah Helsinki. Negara ini terkenal karena sistem pendidikannya terbaik di seluruh dunia. Selain itu, negara ini juga memiliki beragam fakta yang tidak bisa kita jumpai di negara lain. Menyadur dari www.lifeinnorway.net berikut ini adalah 6 fakta tentang Finlandia.

1. Finlandia adalah negara paling bahagia di dunia

Negara-negara Nordik secara konsisten menempati peringkat teratas dalam Laporan Kebahagiaan Dunia tahunan PBB. Namun pada tahun 2020, Finlandia berhasil memuncaki peringkat teratas dalam hal ini. Penilaian ini memperhitungkan banyak faktor. seperti harapan hidup, kebebasan menentukan pilihan hidup, kekuatan ekonomi, kedermawanan, dukungan sosial dari teman, persepsi korupsi, dan pandangan responden survei.

2. Populasi Finlandia sedikit lebih besar dari Norwegia

Menurut data awal dari Statistik Finlandia, populasi negara itu mencapai 5.532.333 jiwa pada akhir Agustus 2020. Sedangkan Norwegia berjumlah 5.374.807 jiwa pada akhir Juli 2020.

3. Hampir setengah dari penduduk asing Finlandia tinggal di Helsinki

Pada awal tahun 2020, ada 423.494 orang asing yang tinggal di Finlandia. Dari 209.108 orang tinggal di wilayah Greater Helsinki. Sebagian besar mereka merupakan orang yang memiiki darah Somalia dan India.

4. Bahasa Finlandia benar-benar berbeda dari bahasa negara Skandinavia lainnya

Meskipun Finlandia sering disamakan dengan Skandinavia, bahasa negara itu tidak memiliki kesamaan dengan negara Skandinavia lainnya. Bahasa Finlandia adalah bagian dari rumpun Bahasa Ural, di mana Bahasa Hongaria adalah yang paling dekat hubungannya.

5. Semua orang Finlandia belajar Bahasa Swedia di sekolah menengah

Meskipun Bahasa Finlandia bukan Bahasa Skandinavia, Bahasa Swedia adalah bahasa yang penting di Finlandia. Sehingga Bahasa Swedia menjadi bahasa resmi bersama dengan Bahasa Finlandia. Bahasa Swedia dituturkan sebagian besar di pantai barat dan selatan negara itu, sementara sebanyak 5% orang Finlandia menganggap Bahasa Swedia sebagai bahasa ibu mereka.

6. Ada 187.888 danau di Finlandia

Finlandia dikenal sebagai negeri seribu danau. Padahal pada kenyataannya, jumlahnya lebih dari 187 kali lipat. Ada sekitar 187.888 danau di Finlandia yang berukuran lebih dari 500 meter persegi (5.400 kaki persegi). Sekitar 57.000 di antaranya memiliki luas lebih dari 10.000 meter persegi (110.000 kaki persegi).

Itulah tadi 6 fakta negara Finlandia. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negeri seribu danau ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak