alexametrics

The Phoenix Hotel Yogyakarta, Legendaris Menempati Bangunan Kolonial

Hayuning Ratri
The Phoenix Hotel Yogyakarta, Legendaris Menempati Bangunan Kolonial
The Phoenix Hotel Yogyakarta (Instagram.com/@phoenixhotelyogyakarta).

Kota Yogyakarta memiliki banyak bangunan kolonial yang masih kokoh berdiri dan beroperasi hingga saat ini. Salah satu bangunan kolonial yang bersejarah adalah The Phoenix Hotel Yogyakarta. Ya, bangunan yang kini masih aktif beroperasi menjadi hotel tersebut melegenda karena sudah ada sejak masa Hindia Belanda.

Hotel di pusat keramaian Kota Yogyakarta ini telah berdiri dari tahun 1918. Bahkan, bangunan The Phoenix Hotel Yogyakarta ini tergolong sebagai cagar budaya. Oleh sebab itu, bangunan hotel terutama bagian depan tidak boleh direnovasi dengan sembarangan.

Pada zaman dulu, bangunan ini sebenarnya merupakan rumah pribadi milik Kwik Djoen Eng, orang Indonesia keturunan Tionghoa. Namun, rumah tersebut akhirnya dibeli oleh Liem Djoen Hwat pada tahun 1930 dan selanjutnya dijadikan hotel.

Hotel bintang lima ini sempat mengalami beberapa kali pergantian nama dan renovasi secukupnya. Namun, kalian yang singgah ke sini seperti dibawa ke mesin waktu zaman dulu. Gaya Eropa khususnya Belanda dan Jawa begitu terasa di tempat ini. Berbagai ornamen hotel pun mendukung nuansa tradisional.

Kalian dapat memilih beberapa tipe kamar di sini, di antaranya Superior Heritage dengan luas 25 meter persegi, Deluxe Legacy dengan luas 35 meter persegi, Phoenix Executive dengan luas 46 meter persegi, dan Suite Legendary dengan luas 60 meter persegi.

Melalui kamar hotel, kalian dapat melihat pemandangan kolam, kota, atau halaman. Kalian yang beristirahat di The Phoenix Hotel Yogyakarta akan memperoleh fasilitas sebut saja akses Wi-Fi, kulkas mini, air mineral, pembuat kopi/teh, TV, dan shower.

Untuk menyewa kamar di hotel ini, kalian perlu merogoh kocek berkisar mulai Rp500.000 per malam. Akan tetapi, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jika ingin harga yang lebih murah, kalian dapat memanfaatkan platform yang menyediakan layanan pemesanan hotel.

Beragam fasilitas rekreasi dihadirkan oleh The Phoenix Hotel Yogyakarta. Beberapa di antaranya yaitu Paprika Restaurant, 1918’s Terrace Lounge, Vino Bar, kolam renang, layanan pijat, hingga sewa sepeda.

Buat kalian yang ingin beristirahat di The Phoenix Hotel Yogyakarta, kalian dapat merapat ke Jl. Jenderal Sudirman No. 9, Cokrodiningrat, Jetis, Kota Yogyakarta, DIY. Letak hotel yang strategis membuat kalian mudah menuju berbagai destinasi wisata, seperti Tugu Yogyakarta, Jalan Malioboro, dan Keraton Yogyakarta.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak