alexametrics

Asrinya Menginap di Pawon Cokelat Guesthouse

Hayuning Ratri Hapsari
Asrinya Menginap di Pawon Cokelat Guesthouse
Area santai Pawon Cokelat Guesthouse (Instagram.com/@pawoncokelat).

Malioboro sebagai jantung Kota Yogyakarta tak pernah sepi oleh lalu lalang orang. Menikmati senja di jalan legendaris ini bisa mendatangkan suasana syahdu nan romantis. Tak heran, banyak orang yang rindu ingin kembali ke sini.

Usai puas jalan-jalan, wisatawan luar daerah tentu akan membutuhkan tempat untuk bermalam yang nyaman. Salah satu penginapan yang tak jauh dari Jalan Malioboro adalah Pawon Cokelat Guesthouse. Dari Malioboro, kalian hanya butuh waktu jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai di penginapan ini.

Pawon Cokelat Guesthouse berada di area seberang Stasiun Tugu Yogyakarta. Alamat tepatnya di Jl. Pasar Kembang, Gang 1 No. 102, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Sebaiknya, kalian menuju penginapan ini dengan jalan kaki atau transportasi umum dan turun di depan gang. Pasalnya, penginapan ini terletak di gang sempit padat penduduk. Kendaraan roda empat tidak bisa masuk, sedangkan kendaraan roda dua harus didorong.

Suasana

Suasana asri Pawon Cokelat Guesthouse (Instagram.com/@pawoncokelat).
Suasana asri Pawon Cokelat Guesthouse (Instagram.com/@pawoncokelat).

Saat kalian menginjakkan kaki pertama kali di Pawon Cokelat Guesthouse, suasana asri sudah bisa kalian rasakan. Tumbuhan hijau banyak menghiasi mulai dari area depan penginapan. Bagian lobi pun tak kalah menarik. Ada vertical garden yang rimbun dari atas hingga bawah.

Tak hanya untuk check in dan check out, kalian bisa pesan makanan atau minuman di area depan ini. Sajian yang menjadi favorit di tempat ini adalah olahan cokelatnya. Hal ini tidak terlepas dari namanya Pawon Cokelat. Dulu, pemilik guesthouse ini hanya punya usaha olahan cokelat tersebut. Tapi karena ketekunan dan kerja kerasnya, kini ia bisa mengembangkan usahanya hingga mendirikan guesthouse. Oleh karena itu, olahan cokelat masih tetap eksis menjadi unggulan di tempat ini.

Nuansa asri menyelimuti setiap sudut guesthouse ini. Saat kalian menuju kamar dengan melewati tangga, tanaman merambat siap menyambut kalian. Selain itu, jangan lewatkan area rooftop yang juga teduh.

Fasilitas dan Estimasi Harga

Kamar Pawon Cokelat Guesthouse (Instagram.com/@pawoncokelat).
Kamar Pawon Cokelat Guesthouse (Instagram.com/@pawoncokelat).

Pawon Cokelat Guesthouse tergolong eksklusif karena hanya menyediakan 10 kamar. Kamar tampak minimalis dan bersih. Sejumlah fasilitas di sini sebut saja tempat tidur, TV, meja, kursi, gantungan baju, dan air mineral. Selain itu, kamar di sini telah terdapat kamar mandi dalamnya. Sabun dan sampo juga disediakan oleh mereka.

Kalian perlu merogoh kocek sekitar Rp320.000 – Rp370.000 per malam untuk beristirahat di Pawon Cokelat Guesthouse. Tapi, harga tersebut bisa berubah kapan saja. Pemesanan kamar bisa melalui kontak media sosial Instagram mereka @pawoncokelat atau lewat aplikasi online travel.

Walaupun terkesan tersembunyi, namun kalian tak perlu khawatir untuk menginap di sini. Berbagai destinasi wisata dan kuliner bisa kalian jangkau dengan mudah. Destinasi wisata yang dekat di antaranya Jalan Malioboro, Kampung Ketandan, Pasar Beringharjo, dan Museum Benteng Vredeburg. Lebih lanjut, beberapa kuliner legendaris yang bisa kalian icip tak jauh dari penginapan yakni Angkringan Kopi Jos Lik Man, Loko Coffee Shop Malioboro, dan Gudeg Mbah Lindu.

Jadi bagaimana, tertarik untuk menginap di Pawon Cokelat Guesthouse yang bernuansa asri ini? Selamat berkunjung!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak