alexametrics

5 Hewan ini Mampu Hidup Tanpa Makanan Bertahun-tahun Buaya Salah Satunya

Pekik
5 Hewan ini Mampu Hidup Tanpa Makanan Bertahun-tahun Buaya Salah Satunya
Ilustrasi Buaya. (Unsplash/Alexis Montero)

Semua makhluk hidup, baik itu manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan sangat memerlukan makanan untuk tumbuh, berkembang dan bertahan hidup. Karena makanan menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada sebagian hewan yang mampu bertahan hidup meski tidak makan selama berbulan-bulan bahkan beberapa-tahun. Ini terkesan mustahil, namun beberapa penelitian telah membuktikannya.

Tentu saja ini bukan berarti sebagian hewan tersebut yang menemui makanan di hadapannya kemudian tidak dimakan. Akan tetapi, fenomena hewan ini terjadi karena memang tidak adanya makanan yang bisa disantap.

Mengutip laman liputan6, berikut ini lima hewan yang mampu bertahan hidup tanpa makanan sampai berbulan-bulan:

1. Buaya

Hewan reptil yang satu ini bertubuh besar. Adalah buaya yang biasa hidup di lahan-lahan basah, seperti sungai dan rawa. Buaya juga bisa hidup di air payau, seperti buaya muara.

Hewan-hewan yang bertulang belakang seperti ikan, reptil dan mamalia adalah makanan utama buaya. Namun, beberapa spesies buaya ada yang makan hewan sejenis moluska, seperti siput, kerang sotong dan cumi-cumi dan golongan krustasea, seperti lobster, kepiting serta udang.

Hewan reptil berkulit keras ini selain sangat efisien dalam menyimpan energi, juga dapat memakan makanan besar dan bertahan begitu lama tanpa makanan. Menurut penelitian, buaya ini dapat bertahan untuk tidak makan selama tiga tahun.

2. Lungfish

Ada sejenis ikan yang mampu hidup menyamai bahkan melebihi usia manusia. Hewan itu bernama Lungfish. Ia adalah hewan sejenis ikan yang hidup di air dan dapat hidup tanpa air sedikitpun. Panjang usia dari ikan satu ini sampai dengan 90 tahun.

Makanan ikan lungfish adalah siput, ikan kecil dan katak. Selain itu lungfish dapat bertahan hidup tanpa makanan selama empat tahun lamanya.

3. Olm

Ada salah satu hewan yang hidup di negara seperti Slovenia, Italia dan Kroasia tanpa memiliki pigmen di kulitnya. Ia adalah Olm. Hewan ini sejenis amfibi yang biasa hidup di air gua-gua.

Olm adalah hewan yang sangat baik dalam hal pendengaran dan penciuman. Ia bisa demikian disebabkan kedua bola matanya yang tidak berfungsi alias buta.

Olm hanya memakan makanan seperti kepiting dan siput. Makanan tersebut dimakan, lalu diolah tubuh menjadi lipid dan glikogen. Menurut penilitian yang telah melakukan uji coba, hewan Olm dapat bertahan tanpa makanan hingga 10 tahun.

4. Katak

Katak adalah hewan yang suka menjaga kelembaban kulitnya. Karena ia bisa bernafas melalui kulitnya. Bahkan, udara dan air dapat menembus kulitnya. Oleh sebab itu, katak sering dijumpai di kawasan yang basah.

Katak adalah hewan sejenis amfibi. Makanan mereka adalah serangga, baik yang hidup di air tawar maupun di darat.

Menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa katak mampu hidup dan bertahan tanpa makanan selama 16 bulan.

5. Laba-laba

Laba-laba adalah bukanlah hewan sejenis serangga atau insecta. Laba-laba masuk dalam kelas arachnida. Ia adalah hewan sejenis arthoproda (hewan berbuku-buku) yang bermetabolisme rendah bila dibandingkan hewan lain.

Ciri khas dari laba-laba ini adalah kemampuannya dalam menghasilkan jaring-jaring untuk membangun sarangnya. Kekuatan jaring-jaringnya berbeda-beda, tergantung dari spesiesnya. Namun, secara umum jaring-jaringnya kuat. 

Laba-laba adalah hewan carnivora. Makanannya adalah serangga. Laba-laba juga diketahui dapat bertahan hidup tanpa makanan selama 18 bulan.

Demikianlah informasi tentang hewan yang dapat survive tanpa makanan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Masih menganggap manusia sebagai yang terkuat? Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak