alexametrics

6 Jenis Permainan pada Series Squid Game, Berani Coba?

Xandra Junia Indriasti
6 Jenis Permainan pada Series Squid Game, Berani Coba?
Film Squid Game.(Netflix)

Squid Game merupakan series terbaru Netflix Korea Selatan yang tengah ramai diperbincangkan sejak perilisannya pada 17 September lalu. Series ini terdiri dari sembilan episode dan memiliki konsep survival (bertahan hidup) dengan berbagai permainan.

Terbilang unik, permainan-permainan tersebut nyatanya lawas dan biasa dilakukan oleh anak-anak Korea Selatan di zaman dulu. Namun, dibumbui dengan situasi menegangkan dan jika berhasil menang bisa mendapatkan uang miliaran won.

Kira-kira, apa saja sih nama dari permainan yang terdapat pada Squid Game? Berikut ini 6 daftarnya.

1. Red Light Green Light

Red Light Green Light yang berarti lampu merah lampu hijau merupakan permainan lawas khas Korea Selatan. Namun, masih sering dilakukan oleh anak-anak disana hingga saat ini. Seseorang menjadi penjaga dan yang lain berada di belakangnya.

Ketika penjaga mengucapkan lampu merah (red light), pemain lain harus diam tanpa ada gerakan. Pada series Squid Game, boneka gadis berukuran besar yang menjaga serta mengawasi gerak-gerik ratusan peserta.

Jika ada yang bergerak sedikit saja, langsung terdeteksi dan ditembak mati oleh para pekerja yang menggunakan pakaian merah serta topeng. Permainan ini sangat menegangkan, mengingat para peserta yang terkejut jika sistem eliminasi ternyata menggunakan nyawa.

2. Sugar Honeycombs

Permainan selanjutnya adalah sugar honeycombs yang berarti mengukir gulali. Caranya, melepas bagian utama dengan gambar yang terdiri dari segitiga, payung, bintang, dan lingkaran menggunakan jarum.

Sebagai informasi, gulali yang dimaksud adalah permen populer zaman dulu khas Korea. Namanya adalah dalgona. Pasti kamu pernah mendengarnya, bukan?

Para peserta diberi waktu sekian menit untuk melakukan permainan ini. Semua terlihat mudah bagi yang mendapat bentuk lingkaran serta segitiga. Namun, tidak berlaku dengan mereka yang mengukir gambar payung dan bintang.

Peserta yang gagal termasuk merusak bentuk dari gambar, kembali dieliminasi dengan cara ditembaki hingga mati. Meskipun kerusakan yang ditimbulkan hanya sedikit.

3. Tug of War

Tug of War berarti tarik tambang dalam bahasa Indonesia. Jenis ini mengacu pada kekuatan setiap peserta agar bisa menang. Namun, pada Squid Game, permainan ini menjadi sangat menyeramkan karena siapa saja yang kalah bisa mati.

Tarik tambang pada series tersebut dilakukan dari tempat tinggi, yang mana kelompok kurang beruntung akan jatuh ke bawah layaknya jurang. Ngeri, ya!

4. Marbles

Sesuai namanya, marbles merupakan permainan lawas yang memanfaatkan gundu atau kelereng. Di Indonesia juga sering dimainkan oleh anak-anak sejak dulu hingga kini. Biasanya digemari oleh laki-laki.

Pada series Squid Game, peserta bermain berpasang-pasangan dan diajak menuju perumahan kampung khas Korea di zaman dulu. Kemudian, mereka berhak menentukan permainan apapun asal ada pemenangnya.

Kebanyakan peserta memilih menebak jumlah kelereng, dengan jawaban ganjil atau genap. Ada juga yang memasukannya ke lubang tanah serta mengadu jarak, mana yang paling dekat dengan tembok.

Mirisnya, dalam permainan ini siapapun diizinkan berbuat curang. Oleh karena itu, banyak peserta yang mati ditembaki karena tidak mendapat keadilan.

5. Glass Stepping Stone

Glass Stepping Stone sebenarnya mirip dengan engklek, yakni permainan melangkah melewati lajur yang digambar kotak. Namun, jenis ini lebih membahayakan dan bisa merenggut nyawamu jika gagal.

Para peserta harus menebak kaca yang akan dipijak. Bisa terbuat dari bahan kuat dan mudah pecah. Permainan ini juga dilakukan dari ketinggian. Jadi, begitu salah pilih, kamu bisa jatuh dan mati.

Peserta dengan urutan terakhir dianggap paling beruntung. Pasalnya, ia sudah tahu kotak mana saja yang terbukti kuat untuk dilewati.

6. Squid Game

Terakhir, inilah puncak dari segalanya dan diberi nama sesuai judul seriesnya, Squid Game. Dalam bahasa Korea, jenis ini dinamakan Ojingeo Gameu yang berarti permainan cumi-cumi. Peserta dibagi menjadi penjaga dan penyerang.

Penyerang harus bergerak melewati kepala simbol cumi-cumi yang diisi oleh penjaga untuk memenangkan permainan. Sebelumnya, ia tidak diizinkan keluar dari garis dan mencoba membekuk pertahanan penjaga agar dapat lolos hingga bagian ujung tersebut.

Itulah keenam permainan yang terdapat pada series Squid Game. Jika memiliki kesempatan, beranikah kamu mencoba salah satunya? Mana yang menurutmu paling menyeramkan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak