facebook

5 Makanan Ini Identik dengan Perayaan Natal di Berbagai Negara, Bisa Jadi Referensi!

Xandra Junia Indriasti
5 Makanan Ini Identik dengan Perayaan Natal di Berbagai Negara, Bisa Jadi Referensi!
Kue jahe khas Natal (pixabay)

Tidak lama lagi, hari raya Natal akan tiba bagi kamu yang merayakannya. Perayaan momen tersebut biasanya identik dengan menu khas untuk disantap saat kumpul keluarga.

Nah, di bawah ini ada 5 makanan yang identik dengan perayaan Natal. Kira-kira, apa saja, ya? Tokopedia, sayurbox, dan wikipedia telah merangkum lima makanan tersebut untukmu. Bisa kamu jadikan referensi!

1. Kalkun Panggang

Kalkun Panggang (pixabay)
Kalkun Panggang (pixabay)

Kalkun panggang banyak ditemukan saat Natal di beberapa negara bagian Eropa serta Amerika. Ukurannya yang besar membuat daging unggas ini cocok untuk disantap keluarga besar.

Kalkun dipanggang dengan rempah khas yang kemudian disajikan bersama menu pendamping lainnya. Misal, aneka sayuran, seperti wortel, brokoli, atau kentang.

2. Kue Jahe

Ginger Bread (pixabay)
Ginger Bread (pixabay)

Kamu juga pasti tidak asing dengan makanan ini. Ginger Bread atau kue jahe merupakan salah satu sajian populer ketika perayaan Natal. Bentuknya menyerupai anak kecil yang dihias dengan krim berwarna.

Sesuai namanya, kue ini memiliki rasa cenderung hangat yang berasal dari jahe dan juga manis. Ginger Bread banyak disukai anak-anak karena bentuknya yang menggemaskan. Negara-negara barat menjadi yang sering menyediakannya saat Natal.

3. Christmas Pudding

Christmas Pudding (pixabay)
Christmas Pudding (pixabay)

Nama dari makanan ini sudah sesuai dengan momen perayaan Natal, bukan? Bahan dasarnya sama seperti pudding umum dengan tambahan buah kering (terutama plum). 

Satu yang membedakan adalah cara memasaknya yang dibakar sebelum disajikan pada malam Natal. Negara yang menyantap Christmas Pudding adalah Inggris, Irlandia, serta beberapa kawasan di Amerika.

4. Daging Sapi Panggang

Daging Sapi Panggang (pixabay)
Daging Sapi Panggang (pixabay)

Tak hanya kalkun, sapi panggang juga sering dijadikan menu khas hari Natal. Pasalnya, banyak negara yang menganggap daging hewan ini terasa spesial dan mewah. Tidak heran jika harga jualnya juga tergolong mahal.

Spiced Beef menjadi salah satu makanan selalu disantap oleh orang Irlandia saat Natal. Daging sapi diiris, lalu dicampur dengan saus yang terbuat dari buah serta bumbu tradisional. 

Ada juga Roast Beef yang populer di Inggris untuk merayakan Natal. Daging sapi berkualitas terbaik dipanggang dengan bumbu khusus. Kemudian, disajikan bersama wortel, kentang, dan brokoli.

5. Kue Bolu

Ilustrasi Cheesecake Merah (pixabay)
Ilustrasi Cheesecake Merah (pixabay)

Natal juga identik dengan makanan berupa kue bolu. Mungkin karena rasa manis serta tekstur yang lembut membuatnya cocok disantap untuk acara kumpul keluarga pada hari penuh kehangatan tersebut. 

Beberapa kue bolu yang seringkali dijadikan santapan Natal antara lain Bûche de Noël, cokelat dengan taburan anggur (Perancis), Panettone berisi kismis (Italia), serta Cheesecake yang dioles selai merah (Jepang).

Itulah kelima makanan yang identik dengan hari Natal di berbagai negara. Apakah kamu yang merayakannya akan membuat salah satu dari poin di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak