alexametrics

Melihat Cara Mendidik Anak dalam Buku Ajak Aku ke Surga, Ibu!

Sam Edy Yuswanto
Melihat Cara Mendidik Anak dalam Buku Ajak Aku ke Surga, Ibu!
Buku 'Ajak Aku ke Surga, Ibu!' (DocPribadi/Samedy)

Mendidik anak merupakan tugas orangtua. Pendidikan di sini mencakup arti yang sangat luas. Bukan hanya sebatas pendidikan yang sifatnya umum, tetapi juga pendidikan agama yang akan mengantarkan anak menjadi pribadi yang taat menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi segala hal yang dilarang oleh-Nya.

Rizem Aizid dalam buku Ajak Aku ke Surga, Ibu! (Quanta, 2018) membeberkan tip atau cara untuk orangtua dalam membangun generasi Islam masa kini. Menurut Rizem, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan visi utama keluarga Islami (mengajak anak ke surga) adalah dengan memperkuat keimanan dan ketakwaan Anda kepada Allah Swt. Bila Anda ingin memiliki anak saleh atau salehah, maka Anda harus lebih dulu saleh atau salehah.

Sangat tidak mungkin —meskipun ada tapi sangat jarang sekali— anak saleh yang lahir dari orangtua tidak saleh. Yang ada, bila orangtuanya lalai dalam beribadah kepada Allah, maka anaknya pun akan bernasib sama. Seperti kata pepatah, buah jatuh tak jauh dari pohonnya (Ajak Aku ke Surga, Ibu!, halaman 45).

Agar anak memiliki pribadi yang baik sesuai ajaran agama, maka orangtua harus memberikan keteladanan yang baik saat di rumah. Dalam buku Ajak Aku ke Surga, Ibu! penulis membeberkan beberapa tip memperkenalkan agama kepada anak sejak kecil. Pertama, menjelaskan agama Anda pada anak. Hal ini merupakan implementasi dari hadis Nabi Saw., bahwa agama anak bergantung pada agama orangtuanya. Bila sejak kecil Anda menjelaskan bahwa Islam adalah agama Anda, maka anak pun akan beragama Islam. 

Kedua, memperkenalkan nilai agama. Selain menjelaskan agama yang Anda anut, penting juga untuk memperkenalkan nilai agama kepada anak. Maksud nilai agama adalah ibadah. Dalam konteks ini, Anda perlu mengajarinya beribadah. Untuk mencetak anak saleh, teori saja tidak cukup. Artinya, Anda jangan pernah merasa cukup mesti telah menjelaskan tentang agama kepada anak. Selain teori tentu harus berusaha mempraktikkannya. Misalkan Anda sudah mengajari anak tentang tata cara shalat yang benar, maka harus diiringi dengan memberikan keteladanan pada anak. Ajak anak mendirikan shalat berjamaah, atau mengajaknya shalat berjamaah di masjid.

Terbitnya buku Ajak Aku ke Surga, Ibu! ini layak diapresiasi. Semoga dapat menjadi salah satu referensi berharga untuk para orangtua di rumah. Selamat membaca. Semoga berkah dan bermanfaat. 

***

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak