facebook

Kolaborasi dengan PMM UMM, Desa Bocek Adakan Vaksinasi untuk Warganya

Aulia Hamazunnisa
Kolaborasi dengan PMM UMM, Desa Bocek Adakan Vaksinasi untuk Warganya
Dokumentasi sesi screening kesehatan sebelum penyuntikan vaksin.

Pada Selasa lalu, 22 September 2021, Desa Bocek yang terletak di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang mengadakan vaksinasi sebanyak 500 dosis Sinovac untuk warganya. Vaksinasi ini juga menggandeng Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 25 yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Berlangsungnya vaksinasi ini dimulai pukul 08.00 WIB pagi dan berakhir pada pukul 14.00 WIB siang.

Sementara itu, PMM Kelompok 25 Gelombang 13 yang berasal dari UMM dengan jumlah lima orang ini membantu di bagian input data peserta vaksin, screening kesehatan sebelum proses penyuntikan vaksin, dan presensi kehadiran peserta vaksin. Anggotaa PMM ini, yang jugabersamaan dengan elemen vaksinator lainnya telah bersiap-siap sejak pukul 07.00 WIB pagi untuk menyambut peserta vaksin yang telah ramai datang sejak pagi.

Peserta vaksinasi ini juga sama seperti kebanyakan aturan vaksinasi lainnya, yaitu minimal berumur 12 tahun. Serta tidak ada persyaratan yang menyulitkan warga, yang diwajibkan hanyalah membawa fotokopi Kartu Keluarga atau KTP untuk kepentingan input data diri peserta vaksin nantinya. Lalu, selama tidak ada keluhan penyakit dan memiliki tekanan darah yang normal serta lolos screening kesehatan, warga yang datang diperbolehkan untuk mendapat dosis pertama. Penyuntikan dosis kedua nantinya akan juga dilaksanakan di bulan depan, yaitu tepat pada tanggal 21 Oktober 2021 dan berada di tempat yang sama.

Bertempat di aula balai Desa Bocek, vaksinasi ramai didatangi warganya untuk antre bahkan sejak pukul 07.00 pagi. Meski ramai, vaksinasi berjalan dengan cukup tertib dan ketat sesuai dengan arahan protokol kesehatan. Yaitu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer yang mudah ditemukan di pintu masuk aula balai desa.

Bahkan ada juga beberapa siswa SD dan SMP yang ramai-ramai datang didampingi gurunya untuk ikut mengantre sepulang sekolah demi mendapat vaksin dosis pertama ini. Serta ada pula beberapa ibu hamil atau yang sedang menyusui juga datang untuk ikut mengantre. Berlangsungnya vaksinasi ini juga dijaga oleh beberapa TNI berseragam lengkap yang membuat kondisi berlangsungnya proses vaksinasi menjadi semakin aman dan kondusif.

PMM Kelompok 25 Gelombang 13 ini nantinya juga akan melaksanakan berbagai program kerja sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Desa Bocek. Seperti pengadaan tong sampah, pembentukan Kelompok Belajar untuk siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang sedang belajar daring, pembagian sembako untuk warga terdampak COVID-19, dan ikut membantu mengajar di TPQ setempat.

Penulis:

Aulia Hamazunnisa Bahtiar

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak