alexametrics

7 Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan

Ary
7 Manfaat Bermain Catur bagi Kesehatan
Ilustrasi catur. [Eduardo Munoz Alvarez / AFP]

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita terjaga. Banyak pilihan jenis olahraga yang dapat dilakukan, mulai dari aerobik, lari, renang, dan masih banyak lainnya.

Namun, kita sering lupa, bahwa selain kesehatan jasmani yang menyangkut kebugaran yang harus dipelihara, kesehatan otak juga perlu dijaga. Bagaimana sih cara menjaga kesehatan otak?

Selain dengan asupan nutrisi yang baik, ternyata dengan melakukan permainan yang memerlukan konsentrasi berpikir, seperti bermain catur dapat menjaga kesehatan otak kita.

Disadur dari laman healthline, berikut ini adalah 7 manfaat kesehatan otak yang bisa didapatkan dari bermain catur.

1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Prinsip bermasin catur adalah kita harus bisa membaca perspektif lawan. Yaitu memprediksi pergerakan dan langkah apa yang harus kita lakukan untuk merespons langkah lawan.

Prinsip ini pula yang harus kita terapkan dalam hubungan bermasyarakat atau bersosialisasi. Kita harus mampu memahami orang di sekitar dan tindakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menjaga hubungan baik dalam bersosialisasi. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan tahun 2019, seorang anak yang bermain catur  dapat meningkatkan kemampuan membaca perspektif seseorang.

2. Meningkatkan daya ingat

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan Fakultas Kedokteran, Universitas Iran pada tahun 2015, seseorang yang ahli dalam bermain catur memiliki kemampuan lebih baik dalam hal ingatan.

Hal ini relevan dengan prinsip pada permainan catur yang membutuhkan daya ingat kuat. Selain itu, relevan juga dengan langkah apa saja yang harus kita lakukan dan memprediksi pergerakan lawan berikutnya.

3. Meningkatkan kecerdasan

Berdasarkan hasil riset, didapatkan fakta bahwa seseorang yang pandai bermain catur memiliki kecerdasan baik, terutama pada fluida dan kecepatan memproses. Kecerdasan fluida adalah kemampuan seseorang dalam mempertimbangkan masalah baru yang akan muncul dan kemampuan penyelesaian masalah.

Sedangkan, kecepatan memproses adalah kemampuan seseorang dalam memahami tugas yang harus diselesaikan dan menemukan cara efisien.

4. Meningkatkan kreativitas

Telah dilakukan penelitian pada sebuah sekolah di India, yaitu dengan objek penelitian dua kelompok siswa. Dua kelompok siswa tadi diminta untuk menafsirkan pola dan makna dalam bentuk abstrak.

Dari jawaban kedua kelompok siswa, yang bermain catur mendapatkan nilai lebih tinggi. Dengan demikian, kesimpulannya adalah dengan bermain catur, dapat meningkatkan pemikiran yang out of he box dan kreatif.

5. Meningkatkan kemampuan perencanaan

Sudah sangat jelas bahwa permainan catur adalah tentang perencanaan, baik itu untuk menyerang maupun bertahan. Tentu saja, dengan seringnya bermain catur, akan melatih kita membuat perencanaan yang baik.

Seorang peneliti pernah melakukan pengamatan terhadap dua kelompok orang, yaitu orang yang sering bermain catur dan tidak. Keduanya menjalani tes ‘Tower of London’, yaitu tes yang dilakukan untuk menilai kemampuan seseorang dalam kemampuan perencanaan.

Hasilnya adalah kelompok orang yang sering bermain catur mendapatkan nilai lebih tinggi, dibandingkan dengan kelompok orang yang tidak bermain catur.

6. Mencegah dimensia

Seiring dengan bertambahnya usia, otak manusia akan mengalami penurunan fungsinya. Hal ini dikenal dengan istilah dimensia. Dengan demikian, seseorang yang memasuki usia lansia, akan mengalami penurunan kemampuan untuk berpikir, mengingat, berbicara, dan membuat keputusan.

Pada tahun 2019, ada penelitian yang menyimpulkan bahwa permainan yang membutuhkan ingatan, perhitungan, dan berpikir kritis akan membantu mengurangi penurunan fungsi otak. Jenis permainan seperti ini dapat ditemukan pada permainan catur. Dengan demikian, dapat dikatakan catur dapat mencegah dimensia.

7. Meringankan penyakit ADHD

Penyakit Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah kelainan pada mental seorang anak. Anak tersebut menjadi kesulitan untuk memusatkan perhatian atau fokus, dan menjadi hiperaktif.

Pernah dilakukan studi pada tahun 2016, di mana seratus anak usia sekolah dengan gangguan ADHD diberi permainan catur pada rangkaian terapi penyembuhan. Hasilnya adalah, anak yang mengikuti program ini mengalami penurunan sebanyak 41% dari tidak kemampuan fokus dan hiperaktif.

Itulah tadi 7 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari permainan catur. Ayo, tunggu apa lagi, mulai bermain catur, agar kesehatan otak dan mental tetap terjaga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak