alexametrics

Warnanya Cantik, Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Persik atau Peach bagi Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Warnanya Cantik, Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Persik atau Peach bagi Tubuh
Buah persik yang dikenal dengan nama peach (pixabay).

Pernahkah kamu mendengar nama peach? Identik dengan warna oranye yang cantik. Namun nyatanya, ia merupakan buah-buahan. Dalam bahasa Indonesia, dinamakan buah persik dengan rasa manis dan kulit yang sedikit berbulu halus.

Tak hanya menarik, buah persik ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Nah, berikut ini 6 di antaranya, seperti dirangkum dari hellosehat dan alodokter

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah persik mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Sifat ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta melawan berbagai jenis bakteri tertentu.

Pasalnya, buah ini bekerja dengan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk rutin mengonsumsi persik guna sistem imun tetap terjaga.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Banyak dari kamu yang ingin memiliki berat badan ideal dan menjaganya agar tidak berubah. Baik naik maupun turun. Satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengonsumi buah persik.

Kandungan serat pada buah persik ini mampu membuatmu merasa kenyang lebih cepat dan bertahan lama. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari makan yang terlalu sering. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga keseimbangan gula darah pada tubuhmu.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Serat pada buah persik juga baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan ini bekerja dengan membantu pergerakan usus dan mengurangi berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Sembelit adalah kondisi di mana sulit buang air besar, sehingga jadwalnya menjadi lebih minim. Bisa hanya 1-2 kali dalam seminggu. Keadaan ini tentu sangat membahayakan. Pasalnya, kotoran memang harus dibuang secara rutin. 

Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi buah persik guna memenuhi kebutuhan asupan serat harian. Jadi, kamu akan terhindar dari gangguan pencernaan tersebut.

4. Memelihara Indera Penglihatan

Vitamin A dan beta karoten yang terkandung pada buah persik memiliki manfaat baik bagi kesehatan mata. Senyawa antioksidan dari keduanya membantu pembentukan fotoreseptor rhodopsin, yakni fotopigmen pada retina.

Dengan bantuan senyawa kandungan ini, dapat mengurangi risiko rabun senja. Jadi, kamu bisa tetap melihat dengan jelas saat malam hari. 

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit dimana tulangmu mengalami pengeroposan. Biasanya terjadi pada orang tua dan disebabkan oleh tubuh yang sulit meregenerasi kepadatan tulang. 

Kamu dapat mencegah osteoporosis dengan memenuhi asupan mineral. Salah satunya kalium yang bisa diperoleh dari buah persik. Jika rutin dalam mengonsumsinya, metabolisme tulang akan terjaga serta mengurangi risiko pengeroposan tersebut.

6. Merawat Kesehatan Kulit

Terakhir, buah persik juga bisa kamu jadikan bahan untuk perawatan diri. Kandungan vitamin C-nya berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, seperti mencerahkan, meningkatkan elastisitas, memperbaiki tekstur yang kurang rata (bopeng akibat jerawat), hingga membuatnya tetap lembap.

Tak hanya itu, persik juga mengandung vitamin A dan E yang memiliki manfaat baik bagi kulit. Dua kandungan ini dapat melindungimu dari paparan sinar UV serta mencegah berbagai tanda penuaan dini, seperti kerutan dan bintik hitam.

Itulah keenam manfaat buah persik yang selama ini dikenal dengan nama peach. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak