alexametrics

Jangan Pernah Sepelekan Mental Illness, Jika Kamu Peduli Kesehatan

Mualifah Putriana
Jangan Pernah Sepelekan Mental Illness, Jika Kamu Peduli Kesehatan
(Shutterstock)

Mengutip dari alodokter, mental illness merupakan suatu kondisi seseorang yang mempengaruhi pemikiran, perasaan, suasana hati sampai dengan perilaku seseorang. Ciri-cirinya sangat beragam dan juga setiap orang bisa saja memunculkan ciri kondisi kesehatan yang berbeda.

Mengapa demikian? Kondisi mental illness dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan dan juga diri sendiri. Sering kali kita merasa biasa saja dan mengabaikan kondisi kejiwaan yang tidak seperti biasanya. Atau bahkan perubahan perilaku drastis yang disebabkan karena beberapa permasalahan.

Tetapi mental illness memiliki beberapa ciri-ciri umum yang bisa kamu ketahui. Penasaran apa saja? Yuk simak baik-baik!

1. Perubahan perilaku

Yang pertama dan mudah disadari adalah perubahan perilaku yang disertai tingkat emosional seseorang. Seperti marah tidak terkontrol, menjadi pendiam, bahkan menjadi terlalu aktif yang berkebalikan dengan keadaan sehari-hari pun bisa jadi merupakan tanda dari mental illness.

2. Perasaan sedih berkepanjangan

Selanjutnya ada perasaan sedih. Kesedihan adalah sesuatu yang wajar, namun tidak apabila terjadi berkepanjangan dan juga tanpa alasan yang cukup jelas. Perasaan ini terkadang memicu kita untuk melakukan hal-hal yang terkadang di luar nalar kita.

3. Kecewa, merasa gagal, pesimis

Perasaan-perasaan tersebut biasanya datang apabila seseorang gagal melakukan sesuatu atau apa yang diperoleh tidak sesuai dengan ekspektasi. Apabila berlarut maka perasaan yang muncul adalah menyalahkan diri sendiri, orang lain maupun keadaan. Apabila perasaan tersebut memberikan dampak terhadap orang lain, kamu harus segera sadar bahwa kesehatan mentalmu sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja.

4. Menarik diri dari sosial

Umumnya orang yang kesehatan mentalnya terganggu akan menarik diri dari kehidupan sosial. Alasannya adalah mereka menganggap orang lain di sekitarnya tidak akan mengerti apa yang mereka alami atau bahkan mereka menganggap bersosial merupakan suatu hal yang membebani.

5. Perubahan pola makan dan pola tidur

Apabila kamu mengalami perubahan pola makan seperti tidak nafsu makan, atau bahkan makan terlalu berlebihan tidak seperti biasanya dalam jangka waktu yang lama. Kamu perlu waspada apakah hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti permasalahan yang sedang di hadapi, suasana hati, maupun hal lainnya.

Salah satu hal mencolok lainnya adalah perubahan pola tidur. Orang yang mengalami mental illness bukan hanya memunculkan ciri-ciri insomnia lho, tapi juga tidur berlebihan seperti tidak memiliki semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya kamu harus lebih peka terhadap pola hidup yang kamu jalani.

Nah, beberapa di atas merupakan ciri-ciri umum yang biasanya dialami penderita mental illness. Setelah tahu ciri-cirinya yuk kenali apa saja jenis-jenis mental illness. Berikut ini beberapa jenis mental illness menurut hellosehat:

  • Gangguan kecemasan
  • Depresi
  • Gangguan makan
  • Gangguan stress pasca trauma
  • Skizofrenia
  • Psikosis

Beberapa mental illness di atas merupakan yang paling umum. Masih banyak gangguan kesehatan mental lainnya. Menurut salah satu artikel yang diterbitkan oleh CNN Indonesia pada Kamis, 07 Januari 2021, kesehatan mental menjadi salah satu masalah besar di tahun 2021 dikarenakan dampak dari adanya pandemi.

Oleh karena itu tidak seharusnya mental illness menjadi salah satu hal yang diabaikan.  Selanjutnya ada tips untuk kamu agar bisa mengetahui kesehatan mentalmu:

1. Amati pola sehari-hari

Salah satu yang paling mudah untuk mengetahui kesehatan mental adalah mengamati pola keseharian. Apakah ada yang berubah drastis atau masih sama dengan apa yang biasa kamu lakukan. Amati juga pada pola makan dan pola istirahat.

2. Jangan sepelekan

Sekecil apapun perubahan emosional terhadap suatu permasalahan hendaknya kamu tidak menyepelekannya karena hal tersebut memiliki dampak yang cukup besar terhadap apa yang akan terjadi di kemudian hari.

3. Periksakan diri

Apabila kamu kesusahan untuk mengatahui kesehatan mental kamu. Memeriksakan diri atau berkonsultasi adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi di era sekarang berkonsultasi tidak harus langsung datang ke klinik maupun fasilitas kesehatan lainnya tetapi bisa juga berkonsultasi secara online.

Nah itu tadi semua informasi mengenai kesehatan mental, semoga bisa bermanfaat dan menjadi salah satu informasi yang akan membantu kamu dalam mengenali keadaan mental kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak