alexametrics

Jangan Asal Kurus, Ini Hal-hal Tentang Diet yang Perlu Kamu Perhatikan

Mualifah Putriana
Jangan Asal Kurus, Ini Hal-hal Tentang Diet yang Perlu Kamu Perhatikan
Ilustrasi menu diet. (Shutterstock)

Apakah kamu merasa memiliki berat badan yang kurang ideal? Bila iya maka baik untukmu memperhatikan pola makan dengan berdiet. Banyak pendapat bahwa berdiet merupakan membatasi asupan makanan yang masuk ke tubuh kita.

Lebih tepatnya mengurangi kalori yang masuk ke tubuh dengan berbagai cara, mulai dari mengurangi karbohidrat, mengurangi mengonsumsi makanan ringan sampai dengan hanya mengonsumsi makanan tertentu saja.

Tapi tahukah kamu sebenarnya diet itu bukan hanya membatasi kalori yang masuk ke tubuh saja, lho. Diet merupakan suatu kegiatan untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat.

Menurut Hellosehat, ada beberapa strategi yang dapat diterapkan apabila kamu ingin memulai diet diantaranya adalah:

1. Menghitung kebutuhan kalori

Dalam menghitung kebutuhan kalori setiap orang, kita tidak bisa menyamaratakan kebutuhan kalori dengan orang lain. Kebutuhan kalori dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah jenis kelamin, usia, dan juga kondisi kesehatan seseorang termasuk dengan berat badan. Oleh karenanya kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi yang akan membantu kamu untuk menghitung kalori yang kamu butuhkan atau bisa berkonsultasilah kepada ahli gizi.

2. Mengatur porsi makan

Porsi makan sangat berpengaruh terhadap kalori yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu keduanya merupakan hal yang saling berkaitan. Karbohidrat, protein, serat, vitamin maupun kebutuhan yang lainnya haruslah seimbang menurut porsi yang dianjurkan.

3. Makan teratur

Jadwal makan yang teratur akan membantu kamu untuk mengontrol berat badan ideal kamu. Dianjurkan untuk sarapan, makan siang, dan juga makan malam sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Tidak dianjurkan untuk menggabung waktu makan menjadi satu waktu lalu memperbanyak asupan yang dimasukkan ke tubuh karena hal tersebut akan menggangu sistem pencernaan yang justru akan berakibat pada berat badan yang tidak terkontrol.

4. Makan dengan tidak terburu-buru

Makanan yang dicerna dengan baik di mulut akan memudahkan organ pencernaan yang lainnya. Makan dengan perlahan juga akan membantu kamu untuk mendapatkan rasa kenyang daripada makan dengan terburu-buru.

5. Makan sampai tidak merasa lapar

Porsi yang pas akan membantu kamu mengurangi perasaan ingin memakan camilan atau memakan makanan berat sebelum waktu makan selanjutnya. Oleh karenanya hal ini cukup efektif untuk kamu yang ingin mengurangi berat badan.

Setelah mengatahui beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk berdiet. Pertanyaan selanjutnya, makanan apa saja sih yang baik untuk diet sehat? Dikutip dari Alodokter, ada beberapa makanan umum yang baik dikonsumsi sebagai menu diet sehat, diantaranya adalah:

Sayuran

Sayuran memiliki banyak macamnya, mulai dari sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, sawi, kangkung, brokoli, sampai sayuran dengan berbagai warna seperti wortel, kol, kentang dan lainnya.

Buah-buahan

Tidak dipungkiri buah-buahan banyak mengandung berbagai vitamin yang tidak hanya sehat tetapi amat diperlukan untuk tubuh. Contoh buah-buahan yang baik untuk diet diantaranya adalah alpukat, apel, pisang, dan lainnya.

Biji-bijian

Banyak macam olahan biji-bijian yang bisa dikonsumsi contohnya adalah oatmeal, roti gandum, nasi merah, sampai dengan biji-bijian utuh yang bisa di makan bersama dengan smoothies.

Produk olahan susu

Tidak hanya menyehatkan, susu dan produk olahannya adalah makanan yang menyehatkan badan diantaranya adalah yogurt dan keju.

Protein 

Banyak protein yang bagus untuk meningkatkan energi saat diet diantaranya adalah dada ayam, ikan, telur, sampai dengan daging. Beberapa rekomendasi makanan diatas akan menemani diet kamu agar mendapatkan berat badan yang sehat dan ideal.

Selanjutnya ada beberapa tips dalam pengolahan makanan diet. Penasaran apa saja? Yuk simak baik-baik ya:

1. Kurangi penggunaan minyak

Dalam pengolahan makanan diet sangat dianjurkan untuk mengurangi minyak, gorengan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat menjalani diet, oleh karenanya kamu bisa menambahkan minyak sehat seperti minyak kelapa dalam takaran seminimal mungkin.

2. Pengolahan sayuran dengan benar

Ada berbagai sayuran yang lebih baik saat dimakan mentah, ada juga yang memerlukan pengolahan terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaatnya. Setiap sayuran memiliki waktu berbeda-beda dalam pengolahannya. Hendaknya kamu memperhatikan lama waktu pengolahan agar mendapatkan nutrisi maksimal.

3. Perhatikan penambahan gula dan garam

Saat menjalani diet, ada baiknya mengatur penggunaan gula dan garam pada makanan, akan lebih baik apabila penggunaannya tidak berlebihan.

4. Kurangi santan

Dalam memasak makanan Indonesia, biasanya santan sangat lekat dengan berbagai resep dikarenakan menambah cita rasa suatu makanan. Akan tetapi penggunaan santan kurang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya untuk kamu yang sedang berdiet hindari dulu ya.

5. Untuk buah-buahan lebih baik apabila dimakan segar

Ada banyak resep yang menganjurkan menambahan buah pada masakan, tapi akan lebih baik apabila buah dimakan segar tanpa melalui pengolahan tertentu.

Berikut ini ada beberapa olahan makanan yang bisa kamu jadikan sebagai menu dietmu:

Oatmeal

Oatmeal sangat baik dikonsumsi untuk makanan pagi atau sarapan. Penyajian oatmeal biasanya ada 2 macam, diberi air hangat lalu diaduk atau bisa juga di masak menggunakan air dan api sedang seperti membuat bubur. Kamu juga bisa menambahkan beberapa biji-bijian atau buah-buahan sebagai penambah cita rasa.

Roti gandum

Yang kedua masih dengan menu makanan yang bisa dibuat dengan cepat. Kamu bisa mengoleskan selai kacang atau bisa juga menambahkan beberapa sayuran seperti selada tomat lalu ditambah dengan protein seperti telur, dada ayam yang disusun menjadi sandwich.

Dada ayam dan salad sayur

Salad sayuran merupakan salah satu menu diet yang cukup lezat apalagi jika ditambah dada ayam yang telah di masak sebentar dengan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak, dijamin nafsu makan kamu akan bertambah.

Smoothies

Untuk kamu pecinta olahan cepat dan mudah, smoothies adalah pilihan yang tepat, berbahan pisang yang telah di dinginkan di lemari es, lalu di haluskan dengan blender. Kamu bisa menambahkan beberapa biji-bijian sampai dengan buah-buahan seperti stroberi, buah naga, kiwi dan lainnya sesuai selera.

Pancake oat

Selain diseduh atau dimasak dengan air hangat, oat bisa juga di kreasikan menjadi salah satu menu yang cocok untuk sarapan. Oat dapat dihaluskan menggunakan blender sebagai pengganti tepung, diberi susu, lalu tambahkan telur dan madu sebagai pengganti gula. Dijamin deh rasanya nggak kalah sama pancake biasa.

Salad buah

Setelah ada salad sayur, menu selanjutnya adalah salad buah. Potong beberapa buah diantaranya adalah apel, anggur, kiwi, stroberi, dan buah lain yang kamu suka. Kamu bisa mengganti susu kental manis menggunakan yogurt plain sebagai saus, lalu menambahkan topping keju sesuai selera.

Selain makanan, dalam berdiet ada baiknya untuk diimbangi dengan olahraga teratur minimal 2-3 kali dalam seminggu, selain itu konsumsi air putih juga berpengaruh besar terhadap kesuksesan diet yang dilakukan. Semoga semua informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu ya, salam sehat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak