alexametrics

Penting Dikonsumsi Setiap Hari, Ini 5 Manfaat Protein bagi Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Penting Dikonsumsi Setiap Hari, Ini 5 Manfaat Protein bagi Tubuh
Ilustrasi telur (Pixabay).

Protein merupakan salah satu kandungan penting yang berguna untuk memelihara kesehatan tubuh. Jenisnya terbagi menjadi dua, yakni hewani dan nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. 

Beberapa makanan penghasil protein hewani adalah telur, daging, dan olahan susu. Kemudian, untuk protein nabati kamu bisa mendapatkannya dari tempe, tahu, bayam, dan masih banyak lagi.

Kandungan protein ini perlu kamu penuhi kebutuhan hariannya, karena memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Nah, berikut 5 manfaat protein bagi kesehatan seperti dirangkum dari alodokter dan sehatq.

1. Sumber Cadangan Energi

Sama seperti karbohidrat dan lemak, kandungan protein juga bisa menjadi sumber energi. Tiap gram-nya, terdapat 4 kalori yang siap diberikan kepada tubuh untuk tetap fit menjalani aktivitas.

Pada proses pengolahan makanan, energi akan terlebih dulu diperoleh dari karbohidrat dan lemak. Sementara protein akan disimpan sebagai cadangan dan dipakai begitu tubuh sangat membutuhkannya.

Misal, saat berpuasa atau tidak memberi tubuh asupan apapun selama 18-48 jam. Di sisi lain, kekurangan protein dapat menyebabkan malnutrisi yang mampu menghambat tumbuh kembang anak, bahkan memicu kematian.

2. Pembentuk Antibodi

Protein juga mampu membentuk antibodi, sebuah zat yang bermanfaat untuk menghambat infeksi virus dan bakteri. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme tersebut.

Usai tubuh memproduksi antibodi terhadap virus dan bakteri, sel imun akan selalu ingat untuk menghasilkannya lagi. Kesimpulannya, saat mereka kembali menyerang dan membawa penyakit, maka perlawanan bisa dengan cepat dilakukan.

3. Memproduksi Enzim dan Hormon

Enzim adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam sel. Tugasnya yakni bertanggung jawab terhadap berbagai reaksi kimia yang terjadi pada tubuh. Di antaranya, membuang racun, mencerna asupan, dan kontraksi otot.

Tak hanya itu, protein juga menghasilkan hampir semua hormon yang berperan dalam mengirimkan sinyal serta membantu proses biologis. Tepatnya, antara sel, jaringan, dan organ. Satu contoh, hormon insulin yang mampu mengatur aktivitas masuknya gula ke dalam tubuh.

4. Menyempurnakan Jaringan

Protein berperan penting sebagai penyusun mayoritas bagian tubuhmu, seperti jantung, otot, tulang, otak, kulit, rambut, dan paru-paru. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Saat keadaan normal, jumlah protein akan selalu sama setiap harinya. Namun, tubuh bisa membutuhkan lebih banyak kandungan ini ketika mengalami produksi jaringan baru. Misal, pada ibu hamil dan menyusui, serta orang yang sedang tidak sehat.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Rasa lapar memang wajar dialami siapapun, tetapi rentan memicu berbagai penyakit jika tingkatnya tinggi. Belum lagi, jika kamu memiliki napsu makan yang juga besar. Kemungkinan, tubuh akan overweight dan menderita obesitas.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi asupan yang mengandung protein. Pasalnya, dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama. Jadi, keinginan untuk makan banyak akan berkurang.

Penjelasan lengkapnya, protein mampu menurunkan kadar ghrelin, sebuah hormon yang mengontrol rasa lapar. Kemudian, kandungan ini mengaktifkan hormon peptide, yang nyatanya dapat memberikan efek kenyang dengan cepat.

Itulah kelima manfaat protein. Apakah kamu sudah rutin memenuhi kebutuhan hariannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak