alexametrics

Tak Hanya Manis, Ini 5 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Sumaiyah Putri
Tak Hanya Manis, Ini 5 Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan
Ilustrasi buah rambutan (pixabay/GoPlaces)

Manfaat buah rambutan bagi kesehatan sangat beragam. Buah yang rasanya manis ini dapat dimanfaatkan untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, tulang, dan membantu penurunan berat badan.

Seperti produk alami lainnya, produk rambutan organik mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengandung nutrisi, buah rambutan juga mengandung magnesium, folat, seng, kolin, dan berbagai vitamin seperti vitamin A dan vitamin B. Buah rambutan juga kaya akan berbagai antioksidan, seperti antosianin, campuran fenolik, dan flavonoid.

Oleh karena mengandung banyak nutrisi, tidak mengherankan jika buah rambutan ataupun produk berbahan alami buah rambutan dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan, sebagaimana yang telah alodokter jelaskan di bawah ini.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Rambutan merupakan salah jenis buah yang memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Kandungan serat ini berguna untuk kelancaran penyerapan dan cara buang air besar. Dengan melahap konsumsi serat yang memuaskan dari buah rambutan atau makanan berdaun lainnya, kamu akan terhindar dari penyumbatan atau konstipasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti beberapa jenis buah lainnya yang mengandung potasium, rambutan memiliki manfaat untuk membantu kesehatan jantung. Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang berperan penting dalam menurunkan denyut nadi dan menjaganya agar tetap stabil.

Demikian juga, penguat sel dalam produk alami rambutan juga berperan dalam mengurangi peradangan, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat rambutan bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Seiring bertambahnya usia, kesehatan dan kekuatan tulang akan menurun. Namun, hal ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sumber kalsium dan kalium yang tinggi, seperti produk organik rambutan, sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, susu, cheddar, dan yogurt.

Selain mengonsumsi jenis makanan tersebut, agar kesehatan tulang tetap terjaga dengan baik, kamu diimbau untuk tetap aktif berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi cocktail. Jika penting, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Konsumsi sayuran dan produk alami, termasuk buah rambutan, dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginanmu melahap makanan atau minuman secara terus menerus. Hal ini tentu saja dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebihan.

Selain makan sayur dan buah-buahan, agar bisa lebih bugar, kamu juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat, tidak mengabaikan sarapan pagi, mendapatkan cukup cairan, makan sedikit tapi terus menerus, serta rutin berolahraga.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebenarnya seperti beberapa jenis produk organik yang mengandung potasium, rambutan memiliki manfaat untuk membantu kesehatan jantung. Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang berperan penting dalam menurunkan denyut nadi dan menjaganya agar tetap stabil. Selain itu, penguat sel dalam produk organik rambutan juga berperan dalam mengurangi kejengkelan, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Itulah 5 manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Karena manfaat buah rambutan bagi kesehatan ada banyak, mulai hari ini kamu bisa memasukkan buah rambutan ke dalam makanan sehatmu. Namun perlu diingat, karena rasanya yang manis, kandungan gula dalam produk organik ini bisa memicu gejala berulang pada penderita gangguan usus. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak