facebook

5 Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman, Perlu Rutin Merawatnya!

Xandra Junia Indriasti
5 Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman, Perlu Rutin Merawatnya!
Ilustrasi Tanaman Rusak Akibat Penyakit. (freepik)

Sudah sejak lama, beragam tanaman dibudidayakan sebagai hiasan atau sumber daya manusia. Terlebih saat pandemi, dimana banyak orang memilih meluangkan waktu untuk berkebun di rumah.

Namun, dalam merawatnya pastikan dilakukan secara rutin dan maksimal agar kondisi kesehatan tanaman tetap terjaga serta terhindar berbagai jenis penyakit.

Merangkum dari99co, popbela, popmama, dan bobo grid, berikut 5 jenis penyakit yang sering menyerang tanaman dan harus kamu ketahui.

1. Fusarium Wilt

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang berkembang biak di dalam tanah. Fusarium wilt cenderung menyerang tanaman hias, kacang-kacangan, dan juga tomat. 

Fusarium wilt dapat membuat pertumbuhan tanaman menjadi lebih lambat, mudah layu, membusuk dan menghitam. Untuk mengatasinya, pangkas bagian yang terinfeksi serta hindari menanam bibit lain di media yang sama dalam waktu lima tahun.

2. Jamur Rhizoctonia

Tanaman yang terinfeksi rhizoctonia akan menimbulkan beragam gejala awal. Diantaranya, muncul tanda berwarna merah kecokelatan serta terlihat layu di siang hari dan kembali segar di waktu malam. 

Jenis ini biasanya meracuni tanah akibat irigasi air serta benih yang sudah terinfeksi sejak awal. Untuk itu, kamu perlu mengganti seluruh medka tanam, karena jamur dapat bertahan pada tanah dan juga sisa tanaman.

3. Virus Mosaik

Selanjutnya, ada virus mosaik seringkali menyerang cabai, kentang, tomat, tembakau, dan pir. Penyakit ini dapat membuat daun mengalami perubahan warna menjadi kuning. Akibatnya, tanaman akan layu serta pertumbuhan pun kian terhambat.

Jika tanaman terlanjur terinfeksi virus mosaik, potong bagian terkait. Kemudian, semprotkan larutan minyak biji nimba murni dengan sabun yang sudah dicampur air.

4. Jamur Tepung

Jamur tepung merupakan jenis infeksi yang juga sering menyerang tanaman. Biasanya ditandai dengan kemunculan lapisan putih berdebu pada daun, bunga, serta batang. Beberapa diantaranya yang berisiko terkena penyakit ini adalah apel, anggur, lilac, dan mawar.

Jika tanaman sudah terinfeksi jamur tepung, segera potong daun dan batangnya untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut. Lalu, taruh di tempat dengan sirkulasi udara yang cukup serta hindari menyiraminya di waktu malam.

5. Bintik Hitam

Penyakit ini juga dikenal dengan nama block spot dan biasanya terjadi karena infeksi jamur umum yang menyerang tanaman berbunga serta berbuah. Meski tidak membuatnya mati secara langsung, bintik hitam menjadikan tanaman mudah terkena masalah lain.

Bintik hitam seringkali menyerang tanaman saat cuaca lembab. Ditandai oleh kemunculan bercak gelap berukuran kecil yang seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan kerontokan dan menguningkan daun.

Guna mengatasi penyakit tersebut, letakkan tanaman di tempat yang banyak memperoleh sinar matahari. Kemudian, hindari menyiram air langsung pada daun serta semprotkan pestisida untuk mencegah penyebarannya.

Itulah 5 jenis penyakit yang sering menyerang tanaman. Oleh karena itu, kamu perlu rajin merawatnya secara maksimal agar tetap terlihat sehat dan tumbuh dengan baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak