facebook

6 Manfaat Membuat Mind Mapping yang Jarang Disadari, Sudah Tahu?

Dewi Maharani Bahtiar
6 Manfaat Membuat Mind Mapping yang Jarang Disadari, Sudah Tahu?
ilustrasi membuat mind mapping (pexels.com/fauxels)

Mind mapping adalah proses pemetaan pikiran, yang mencakup ide besar sebuah pelajaran dan mengkategorikannya menjadi sesuatu yang lebih spesifik agar mudah diingat. Singkatnya, mind mapping dibuat agar memudahkan kita dalam mengingat suatu hal secara terorganisir.

Mind mapping biasanya digunakan oleh pelajar agar mempermudah pemahaman mereka terhadap suatu pelajaran tertentu, tetapi mind mapping juga bisa dibuat untuk kepentingan pekerjaan, rencana bisnis dan lainnya.

Tanpa disadari, mind mapping memiliki banyak manfaat. Berikut 6 manfaat membuat mind mapping.

1. Melatih skill menulis

Dalam membuat mind mapping, tidak perlu banyak catatan. Justru, kamu dituntut agar menuliskan kata-kata yang benar-benar penting secara singkat dan dengan bahasa sendiri. Dengan begitu, selain membuat kamu lebih paham, kemampuan menulis juga meningkat.

2. Melatih kemampuan menganalisis

Ketika mempelajari hal baru, tidak semua perlu kamu pelajari. Kamu perlu menganalisis mana hal yang diperlukan dan tidak. Ketika membuat mind mapping, kemampuan menganalisis sesuatu yang penting ini akan terasah. Dampaknya, kamu jadi bisa menerapkan sikap menganalisis ini di dunia nyata.

3. Meningkatkan daya ingat

Buatlah mind mapping dengan gaya bahasa kamu sendiri. Dengan hal ini, kemampuan mengingat kamu menjadi lebih baik. Apalagi jika kamu membuat mind mapping lebih dari satu ketika mempelajari materi baru.

4. Membuat kamu menjadi lebih paham

Sebelum membuat mind mapping, kamu perlu menentukan kata kuncinya terlebih dahulu. Adanya kata kunci membuat kamu lebih paham. Karena secara otomatis, otak kamu mengategorikan kata kunci tersebut.

5. Menghemat waktu

Manfaat mind mapping selanjutnya adalah membuatmu menghemat waktu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan mind mapping kamu menjadi mudah paham.

Dengan begitu waktu yang kamu butuhkan untuk mempelajari suatu hal baru terbilang singkat, karena dalam mind mapping, hanya ada tulisan yang benar-benar kamu perlukan. Jadinya, waktu kamu tidak banyak terbuang.

6. Mengasah kreativitas kamu

Manfaat yang terakhir dari membuat mind mapping adalah membuat kamu menjadi orang yang kreatif. Kreativitas ini muncul ketika kamu ingin membuat peta pikiran yang enak dibaca dan mudah dimengerti. Kamu akan memanfaatkan berbagai bentuk bangun datar, hingga berbagai warna untuk menghiasnya.

Itulah 6 manfaat membuat mind mapping yang jarang disadari. Kalau begitu, sudah tidak ada alasan lagi untuk merasa malas membuat mind mapping, kan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak