4 Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin, Tersedia Banyak Genre Cerita!

Diana Retnasari
4 Aplikasi Baca Novel Gratis Tanpa Beli Koin, Tersedia Banyak Genre Cerita!
Wattpad (Tangkapan layar/wattpad.com)

Membaca merupakan hobi yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang. Hobi tersebut semakin diminati oleh banyak orang, karena dengan membaca maka pengetahuan yang didapat akan semakin luas. Bahan bacaan pun bisa bersumber dari mana saja, termasuk novel.

Cerita dalam sebuah novel juga bisa dipilih berdasarkan genre cerita yang kalian suka, diantaranya genre romantis, action, fantasi, hingga tema dewasa. Membaca sebuah novel kini tak harus didapatkan dari buku cetak saja lho, karena perkembangan jaman yang semakin canggih, novel kini bisa dinikmati dalam bentuk digital.

Merespons fenomena tersebut, kini telah banyak bermunculan aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca cerita novel secara digital secara gratis alias tanpa bayar.

BACA JUGA: KUHP Resmi disahkan, Sederet Hak Terenggut: Semua Bisa Kena!

Meskipun beberapa aplikasi membaca novel memberlakukan pembelian koin untuk bisa menengok lanjutan cerita, namun 4 aplikasi baca novel berikut ini tetap menyediakan fitur baca gratis untuk memanjakan para penggunanya. Yuk simak review aplikasinya dalam informasi berikut ini.

Wattpad

Wattpad (Tangkapan layar/wattpad.com)
Wattpad (Tangkapan layar/wattpad.com)

Aplikasi baca satu ini sangat populer di kalangan muda-mudi yang menyukai aktivitas membaca. Wattpad diciptakan untuk menyediakan berbagai jenis cerita menarik yang ditulis oleh para author-author hebat untuk para pembaca. Cerita novel yang ada terbagi dalam beberapa genre seperti teenlit, romantis, fantasi, sejarah, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan bagi para penulis baru yang ingin menjajaki dunia menulis karena tersedia fitur untuk mempublikasikan hasil tulisan kalian yang bisa diunggah secara gratis agar dibaca oleh para pengguna Wattpad yang lain.

Jika sedang beruntung, cerita Wattpad kalian memenuhi syarat maka mungkin saja tulisan tersebut dilirik oleh para editor dan mendapatkan kesempatan untuk dibukukan.

NovelToon

NovelToon (Tangkapan layar/noveltoon.mobi)
NovelToon (Tangkapan layar/noveltoon.mobi)

NovelToon adalah aplikasi membaca novel secara gratis oleh penggunanya. Ada berbagai jenis cerita yang dipublikasikan di aplikasi NovelToon ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memberikan pengalaman membaca yang mengesankan bagi pembaca.

Sebagai seorang pembaca, kalian bisa memberikan dukungan dan komentar untuk novelis dari cerita yang kalian baca. Selain itu NovelToon memiliki fitur canggih yang menjadi pembeda dari aplikasi lainnya yaitu sebuah fitur yang bernama audiobook.

Melalui fitur audiobook ini, kalian bisa mendengarkan sebuah isi cerita dari novel yang menarik perhatian kalian tanpa harus membacanya.

NovelPlus

Novel Plus (Tangkapan layar/m.novelplus.co)
Novel Plus (Tangkapan layar/m.novelplus.co)

Selanjutnya ada NovelPlus. Aplikasi ini memberikan kenyamanan bagi pembaca untuk memilih berbagai genre cerita yang menjadi favorit kalian. Namun jika kalian merasa bingung memilih jenis cerita, kalian bisa memanfaatkan sebuah fitur yaitu “Pilhan Editor”.

Fitur tersebut akan memberikan berbagai rekomendasi cerita yang menarik yang dipilihkan langsung oleh para editor yang telah berpengalaman.

Sementara itu, sama seperti aplikasi sebelumnya, NovelPlus juga dilengkapi dengan berbagai kemudahan bagi para pembaca yang ingin memberikan feedback bagi para novelis seperti kritik dan dukungan melalui kolom komentar.

Joylada

Joylada (Tangkapan layar/id.joylada.com)
Joylada (Tangkapan layar/id.joylada.com)

Terakhir ada aplikasi yang bernama Joylada. Aplikasi ini sangat unik dan berbeda dengan tiga aplikasi sebelumnya. Biasanya cerita novel tersusun dari banyak paragraf untuk menjelaskan jalan cerita, namun di aplikasi Joylada alur cerita dibentuk menyerupai kolom chat yang ada di aplikasi WhatsApp.

Fitur tersebut akan membuat para pembaca memiliki kesan yang berbeda saat membaca sebuah cerita.

Nah itulah 4 rekomendasi aplikasi baca novel yang menyediakan layanan membaca secara gratis kepada para penggunanya sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli koin demi mengetahui lanjutan cerita dari novel yang kalian baca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak