facebook

Arti Penting Wilayah Kota dalam Konteks Perencanaan Wilayah

Ruslan Abdul Munir
Arti Penting Wilayah Kota dalam Konteks Perencanaan Wilayah
Ilustrasi foto Kota Jakarta, Indonesia (Pexels/Alifia Harina)

Dalam perencanaan wilayah terdapat beberapa objek kajian yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan suatu wilayah tersebut. Salah satu wilayah yang harus memiliki perhatian khusus dalam upaya perencanaan suatu wilayah adalah kawasan kota atau perkotaan.  Kota dalam arti sempit merupakan  sebuah wilayah yang menjadi pusat kegiatan penduduk yang tinggal di dalamnya. Sedangkan secara luas kota berarti sebuah wilayah yang dibatasi oleh batas administrasi yang jelas yang berfungsi sebagai tempat berlangsungnya segala kegiatan penduduk yang mencakup kegiatan ekonomi, sosial, politik, dan kegiatan-kegiatan utama lainnya yang mendukung segala aktivitas penduduk. 

Kota ibarat jantung suatu wilayah sebab memiliki peran yang sangat besar bagi keberlangsungan suatu wilayah. Perencanaan suatu kota mesti memperhatikan aspek-aspek penting yang dapat menghasilkan suatu kota dengan tata kelola yang baik. Seperti aspek geografis, wilayah kota harus memiliki letak geografis yang strategis dan mudah dijangkau serta memiliki akses yang mudah untuk  penduduknya. Wilayah desa sebenarnya dapat ditransformasi menjadi sebuah wilayah perkotaan yang menjadi pusat bagi sebuah wilayah. Tentu saja dalam pelaksanaannya harus melibatkan banyak tangan serta kegiatan yang mesti dilakukan.

Pertama dengan cara melihat potensi apa saja yang mungkin dapat ditujukan oleh wilayah desa tersebut yang berpotensi dijadikan sebagai pusat kegiatan umum. Kedua dengan memperbanyak tempat atau sarana yang bersifat umum serta dapat digunakan oleh penduduk. Serta mulai merencanakan tata kelola yang baik dan tentunya memperhatikan etika dalam perencanaan suatu wilayah dengan menerapkan sistem yang terintegrasi agar menghasilkan suatu sustainable city. 

Kota sebagai pusat berbagai kegiatan diibaratkan sebagai manusia (city is human being) yang terlahir, hidup, hingga berujung kepada kematian. City is human being menunjukan adanya persamaan antara kota dengan manusia, di mana manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan butuh orang lain untuk menjalakan kehidupannya. Merujuk konsep manusia sebagai mahkluk sosial yang mana manusia tidak akan lepas dari individu lainnya yang dapat mempengaruhi kehidupannya. Demikian pula dengan kota yang tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi kota yang baik sebab antara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya pasti memiliki sebuah koneksi atau hubungan fungsional yang mendukung segala kegiatan dan aktivitas di dalamnya.

Maka dari itu, suatu kota diibaratkan seorang manusia karena sifatnya yang tidak bisa berdiri sendiri butuh seseorang yang dapat memberikan pengaruh atau fungsi dalam menjalankan kehidupan atau kegiatannya. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kota merupakan sebuah pusat bagi segala aktivitas penduduk di dalamnya. Dalam sebuah kota terdapat beberapa tempat-tempat inti yang mendukung keberlangsungan suatu kegiatan di sana, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tempat Bermukim

Tempat berlangsungnya segala aktivitas inti penduduk disebut sebagai tempat bermukim. Pemukiman yang terdiri dari beberapa bangunan tempat tinggal menjadi bagian inti dari sebuah kawasan perkotaan. Adapun ciri-ciri pemukiman yang berada di wilayah kota adalah cenderung memiliki struktur bangunan yang rapat dan padat serta didominasi oleh bangunan bertingkat. Tata kelola pemukiman di perkotaan cenderung baik dan tertata, namun masih ada saja daerah pemukiman di perkotaan yang belum memenuhi standar bahkan terkesan kurang enak dipandang. Seperti halnya kawasan pemukiman yang berada di wilayah yang dekat dengan bantaran sungai, rel kereta api, yang masih membutuhkan suatu penanganan agar menciptakan tata kelola yang baik. Kondisi sosial dan ekonomi penduduk pun sangat mempengaruhi hal ini, karena tidak semua penduduk yang bermukim di perkotaan adalah penduduk yang sejahtera.

2. Tempat Bekerja

Kota memang menjadi tujuan kebanyakan orang untuk memperbaiki hidupnya dengan mengadu nasib mencari pekerjaan yang layak di perkotaan. Karena perkotaan dianggap sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan pekerjaan. 

3. Jaringan Transportasi

Mobilitas yang terjadi di perkotaan cenderung sangat tinggi dan ramai, karena memang perkotaan merupakan pusat segala aktivitas yang dilakukan penduduk. Sehingga jaringan transportasi menjadi sangat penting dan vital bagi sebuah wilayah perkotaan.

Selain terdapat tempat-tempat inti, perkotaan pun didukung oleh berbagai unsur pendukung  diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pusat pemerintahan, sebagai kegiatan inti yang mendukung berbagai kegiatan dan kebijakan terkait kota tersebut.
  2. Tempat berbelanja, sebagai pendukung aktivitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  3. Pusat pendidikan dan penelitian, tingkat pendidikan di wilayah perkotaan memang cenderung lebih bagus karena ditunjang dengan berbagai fasilitas yang memadai pula.
  4. Pusat kesehatan, salah satu tempat fasilitas umum yang paling vital dalam suatu wilayah kota adalah fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan memiliki peran besar karena sebagai tempat yang memberikan dan melayani masyarakat dalam memastikan kondisi kesehatannya.
  5. Tempat rekreasi, mendukung kegiatan dan aktivitas di perkotaan sebagai tempat hiburan dan rekreasi bagi masyarakat. Tempat rekreasi ini pula bisa dijadikan pendukung peningkatan pendapatan ekonomi suatu wilayah kota.
  6. Tempat Peribadatan, sebagai salah satu fasilitas yang tidak akan pernah terpisahkan dari kehidupan manusia sebagai tempat menjalankan kegiatan rohani dan mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa wilayah kota memiliki struktur yang kompleks layaknya kehidupan manusia dan memiliki berbagai unsur yang mempengaruhi dan mendukung keberlangsungan wilayah kota tersebut. Sehingga perencanaan wilayah perkotaan perlu dikelola dan ditata sebaik mungkin agar menghasilkan tatanan kota yang mampu menunjang segala aktivitas penduduk di dalamnya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak